digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Chatime adalah perusahaan minuman boba. Mereka menyediakan berbagai minuman dan topping. Dalam suatu kolaborasi, mereka juga menyediakan varian minuman dan barang dagangan baru. Selama pandemi, Chatime melihat penurunan penjualan serta penurunan kepuasan pelanggan. Dengan demikian, Chatime menerapkan salah satu taktik pemasaran utama mereka, Kolaborasi. Mereka berkolaborasi dengan BT21 saat itu untuk memberikan pengalaman baru kepada konsumen, dan ternyata itu menjadi salah satu kolaborasi terbaik mereka dibandingkan kolaborasi Chatime lainnya. Namun, terlepas dari kolaborasi Chatime x BT21, kolaborasi tersebut belum diuji apakah dapat mengarah pada Loyalitas Merek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai apakah Brand Experience dalam hal kolaborasi antara chatime dan BT21 dapat meningkatkan Loyalitas Merek. Penelitian ini menggunakan metode survei terhadap 369 partisipan yang sebelumnya pernah mengkonsumsi Chatime x BT21 minimal satu kali selama masa kerjasama, dan PLS-SEM digunakan untuk menilai hubungan antar variabel. Temuan menunjukkan bahwa Pengalaman Merek berpengaruh positif signifikan terhadap Kepercayaan Merek, Kepuasan Merek, dan Cinta Merek. Namun, Kepuasan Merek tidak berpengaruh positif signifikan terhadap Loyalitas Merek. Penelitian ini memberikan beberapa referensi untuk mengembangkan kolaborasi dan metode pemasaran baru untuk Chatime. Studi ini memberikan beberapa referensi untuk meningkatkan strategi pemasaran Chatime. Temuan penelitian ini akan berguna bagi pemasar karena studi ini memberikan informasi praktis yang mendalam tentang bagaimana Pengalaman Merek dapat meningkatkan Loyalitas Merek melalui Kepercayaan Merek, Kepuasan Merek, dan Cinta Merek. Kemudian, pemasar dapat berkonsentrasi pada bagaimana mengembangkan Loyalitas Merek dengan memberikan pengalaman terbaik, yang dapat memaksimalkan pendapatan.