2019 SK PP Melati Putri Kesumadewi [19016154] - Full Text
PUBLIC Open In Flipbook Abdul Aziz Ariarasa
Kehadiran internet telah membawa kenyamanan dalam banyak hal, salah satunya adalah
layanan transportasi, yang kini ditawarkan melalui aplikasi online. Tren bisnis transportasi
online semakin berkembang dan semakin besar. Dengan demikian, setiap merek di sektor ini
bersaing untuk memberikan masyarakat layanan terbaik dan paling terjangkau. Agar menonjol
di pasar, perusahaan angkutan daring harus memiliki citra merek yang kuat. Namun, hal ini
telah menjadi masalah bagi perusahaan Go-Jek di Bandung, karena kemunculan kompetitornya
yaitu Grab. Go-Jek harus memiliki citra merek yang baik dan khas untuk mempertahankan
keberlanjutannya. Salah satu cara paling umum untuk melakukan ini adalah dengan
menciptakan strategi pemasaran. Go-Jek Sahabat Sekolah adalah strategi pemasaran terbaru,
yang pertama kali dimulai dan diterapkan di Bandung. Tujuan program ini adalah untuk
menciptakan citra keselamatan dan kenyamanan dengan menawarkan Go-Car dan Go-Ride
sebagai moda transportasi harian untuk menjemput anak-anak sepulang sekolah. Untuk saat ini,
kesesuaian program masih belum pasti, karena masih baru. Penelitian ini bermanfaat bagi Go-
Jek dalam mengembangkan program Go-Jek Sahabat Sekolah. Selain itu, temuan penelitian ini
menunjukkan unsur angkutan daring mana yang perlu lebih diperhatikan. Dengan melakukan
penelitian ini penulis ingin mengetahui apa yang dirasakan pelanggan dari program Go-Jek
Sahabat Sekolah terhadap angkutan daring. Bersamaan dengan itu, penulis juga ingin tahu
apakah Program Go-Jek Sahabat Sekolah cocok untuk diterapkan di Bandung. Penelitian ini
dilakukan secara kualitatif, menggunakan pendekatan fenomenologis untuk menemukan esensi
dari fenomena yang terjadi dalam target pasar program ini. Data dikumpulkan melalui
wawancara dan diskusi kelompok terarah dengan tiga pemangku kepentingan pada program Go-
Jek Sahabat Sekolah sebagai informan. Informan-informan ini adalah orang tua, pelaksana
program Go-Jek, dan driver Go-Jek. Hasil dari penelitian ini menunjukkan fenomena bahwa
orang tua merasa positif terhadap setiap elemen angkutan daring yang mengarah pada kepuasan
pelanggan. Komentar positif informan pada setiap elemen angkutan daring tersebut juga tampak
dalam program Go-Jek Sahabat Sekolah. Oleh karena itu, program ini cocok untuk
diimplementasikan karena mampu memberikan apa yang pelanggan butuhkan untuk puas
dengan angkutan daring.
Perpustakaan Digital ITB