digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Media komunikasi yang digunakan oleh manusia berubah dari masa ke masa. Pada saat ini, sebagian besar aktivitas komunikasi dilakukan melalui media sosial berdaring. Dalam media tersebut, pengguna dapat membagikan konten kepada publik dalam bentuk teks, foto, maupun video. Maka dari itu, dapat tercipta keterikatan antara pemilik konten dan pengguna media sosial. Keputusan perusahaan untuk menggunakan media sosial dalam membagikan informasi kepada publik harus sangat diperhatikan. Hal itu dikarenakan konten yang dibagikan oleh perusahaan dapat mengandung informasi-informasi penting dan vital, seperti rencana pemasaran dan proyeksi pertumbuhan perusahaan di masa depan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah keterikatan dalam media sosial berdampak pada nilai pengembalian saham pada perusahaan yang tercatat dalam indeks KOMPAS100. Pengumpulan data dilakukan secara sekunder dengan mengakses sumber-sumber yang terbuka untuk publik. Peneliti menggunakan Model Regresi Linier Berganda melalui program SPSS untuk mengolah data. Hasil olahan data menunjukkan bahwa keterikatan dalam media sosial berdampak negatif sangat kecil terhadap nilai pengembalian saham yang dihitung dengan rata-rata geometri dan tidak berdampak terhadap nilai pengembalian saham yang dihitung dengan rata-rata aritmetika. Hal ini dapat dikarenakan konten dari perusahaan tersebut tidak mengandung informasi-informasi penting dan vital sehingga tidak berdampak terhadap nilai pengembalian saham. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan bagi perusahaan-perusahaan dalam menggunakan sosial media dan membangun keterikatan dengan pengguna lainnya.