digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800


Final Project_Muhamad Naufal Alfauzy_19218005.pdf
Terbatas  Taupik Abidin
» Gedung UPT Perpustakaan
» SBM

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan hubungan antara beberapa faktor penghambat yang terdiri dari hambatan desain produk, hambatan pengetahuan, hambatan biaya, dan hambatan sumber pasokan terhadap niat beli konsumen Generasi Y pada produk pakaian ramah lingkungan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan teori yang menyatakan bahwa faktor penghambat berpengaruh langsung terhadap niat beli konsumen. Sebanyak 226 responden di seluruh Indonesia dipilih melalui teknik non-probability purposive sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan angket yang telah disesuaikan dari segi bahasa dan dievaluasi dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Data yang diperoleh dari pengumpulan data dianalisis dengan teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara hambatan desain produk, hambatan pengetahuan, hambatan biaya, dan hambatan sumber pasokan secara simultan terhadap niat beli pakaian ramah lingkungan di kalangan Generasi Y Indonesia. Jika dinilai secara parsial, hambatan desain produk berpengaruh negatif terhadap niat beli, dan hasilnya signifikan. Artinya, hambatan desain produk bukanlah hambatan yang menghalangi niat beli fashion berkelanjutan. Hambatan pengetahuan dan hambatan biaya juga berpengaruh negatif terhadap niat beli fashion berkelanjutan, tetapi hasilnya tidak signifikan. Hambatan sumber pasokan memiliki pengaruh positif terhadap niat beli pakaian ramah lingkungan. Ini berarti adanya hambatan yang benar benar terjadi yang menghalangi niat beli pakaian ramah lingkungan. Studi ini menyarankan agar pemilik bisnis pakaian ramah lingkungan membuat produk pakaian ramah lingkungan lebih mudah diakses di setiap platform, baik offline dan online, untuk mengurangi hambatan sumber pasokan.