Final Project_Andrew Winata.pdf
]
Terbatas  Taupik Abidin
» Gedung UPT Perpustakaan
» SBM
Terbatas  Taupik Abidin
» Gedung UPT Perpustakaan
» SBM
Bisnis fashion memang sudah populer di Indonesia, banyak sekali brand clothing lokal di tanah air ,
ditunjang dengan semakin banyaknya pembeli dan banyaknya brand clothing. Screamous dan
Get-DIRRTY adalah beberapa merek pakaian lokal yang populer. Namun, tidak semua merek pakaian
dapat bertahan dan berkembang, salah satunya karena kurangnya kesadaran akan pengetahuan merek.
Kurangnya kesadaran merek disebabkan oleh rendahnya kehadiran dalam pemasaran media sosial. Dari
celah ini, sangat menarik untuk memahami pengaruh strategi pemasaran media sosial terhadap niat beli.
Dengan menggunakan metode regresi linier sederhana, strategi pemasaran media sosial berpengaruh
positif terhadap adopsi pemasaran media sosial. Social Commerce, Social Content, Social CRM, dan
Social Monitoring menjadi dimensi yang paling signifikan dibandingkan dengan dimensi lainnya. Strategi
Social Media Marketing memiliki 85,7% pengaruh positif di Get DIRRTY, dan 58,8% pengaruh positif di
Screamous, serta mampu menjelaskan 48,8% terhadap adopsi social media marketing di Get DIRRTY,
dan 21,9% di Screamous. Pada gilirannya, pemasaran media sosial juga secara positif mempengaruhi niat
beli. Hal ini memiliki hubungan positif yang signifikan sebesar 59,4% pada Get DIRRTY, dan 64,9%
pada screamous. Hal ini dapat menjelaskan 43,6% terhadap niat beli pada Get DIRRTY, dan 42,2% pada
Screamous yang juga diukur dengan regresi linier sederhana. Sedangkan hasil analisis klaster
mendefinisikan calon pelanggan dengan klaster terbesar adalah laki-laki, usia 35-40 tahun, bekerja
sebagai pengusaha dan karyawan. Untuk implementasinya, baik Screamous maupun Get DIRRTY harus
membangun strategi bisnis berdasarkan dimensi social commerce, content, monitoring, dan CRM. Get
DIRRTY dan Screamous harus membuat konten unik yang lebih kreatif dan mengidentifikasi peluang
baru. Pada akhirnya, temuan ini dapat menjadi pengetahuan baru, bermanfaat bagi semua brand pakaian
lokal di Indonesia untuk meningkatkan pembelian dan kesadaran terhadap brand.
Perpustakaan Digital ITB