Pertumbuhan ekonomi akan beriringan dengan meningkatnya pergerakan manusia dan
barang mengakibatkan masalah diantaranya kemacetan lalulintas. Kemacetan akan
berpengaruh pada konsumsi bahan bakar, jika terjadinya kemacetan maka konsumsi
bahan bakar kendaraan akan semakin tinggi. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu
koordinasi simpang bersinyal dimana dapat mempengaruhi kinerja lalu lintas.
Sehingga, perlu diketahui pengaruh dari penerapan koordinasi simpang bersinyal
terhadap biaya konsumsi bahan bakar minyak kendaraan.
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh koordinasi simpang bersinyal
pada biaya konsumsi bahan bakar. Pada penelitian ini, koordinasi simpang bersinyal
diterapkan pada koridor utama Jalan RE. Martadinata, tepatnya pada Simpang RE.
Martadinata – Citarum, Lombok; Simpang RE. Martadinata – Cihapit; dan Simpang
RE. Martadinata – Taman Pramuka, Aceh. Penelitian ini akan membandingkan
skenario Do-Nothing (Eksisting) dengan skenario Do-Something (Koordinasi Simpang
Bersinyal). Koordinasi simpang bersinyal ini disimulasikan menggunakan Vissim 11
pada skenario sistem serentak, skenario sistem progresif 1 (prioritas Barat – Timur),
dan skenario sistem progresif 2 (prioritas Timur – Barat). Faktor perhitungan jumlah
konsumsi bahan bakar kendaraan menggunakan TRL (Transport Research
Laboratory), variabel formulasi ini menggunakan kecepatan rata-rata kendaraan pada
masing-masing jenis kendaraan.
Hasil simulasi pada keempat skenario menunjukkan dengan melakukan koordinasi
simpang bersinyal berpengaruh pada kinerja persimpangan dan kinerja kendaraan yaitu
adanya perubahan kecepatan rata-rata kendaraan. Kinerja persimpangan berdasarkan
biaya konsumsi bahan bakar kendaraan didapatkan dari skenario sistem progresif 1A
(Prioritas Barat – Timur) dengan larangan untuk berbelok kanan pada simpang RE.
Martadinata – Cihapit dari kedua arah pergerakan kendaraan menghasilkan kinerja
yang baik dikarenakan penurunan biaya konsumsi bahan bakar kendaraan pada
masing-masing jenis kendaraan dari kedua arah pergerakan.