digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Seiring dengan perkembangan Agile Software Development Method (ASDM) lahirlah beberapa fitur pada Project Management Software (PMS). Fitur-fitur yang lahir dari perkembangan ASDM ini ada yang sudah cukup populer dan ada pula yang baru dikembangkan. Di antaranya adalah fitur task boards dan user story mapping (USM). Dari data hasil survei yang diadakan oleh Capterra pada tahun 2019 dikatakan bahwa task board memiliki kesenjangan antara permintaan dan penggunaannya. Salah satu faktor yang mungkin menjadi alasan kesenjangan tersebut adalah faktor usability, karena berdasarkan hasil survei yang sama, ketidakpuasan pengguna terhadap PMS 43% dikarenakan kesulitan dalam penggunaannya. Sedangkan, menurut laporan Annual State of Agile selama 3 tahun berturut-turut sejak tahun 2017 hingga 2019 didapatkan data bahwa penggunaan teknik USM pada PMS mengalami penurunan dan USM termasuk ke dalam fitur yang jarang digunakan. Kesulitan dalam penggunaan serta frekuensi penggunaan yang cenderung rendah dapat diselesaikan dengan meningkatkan aspek usability. Human-Centred Design (HCD) merupakan salah satu pendekatan desain yang sangat memperhatikan aspek usability. Oleh karena itu, penelitian tugas akhir ini bertujuan untuk merancang antarmuka fitur task boards dan userstory mapping dengan menggunakan pendekatan human-centred design (HCD) pada kasus proyek pengembangan perangkat lunak. Dalam pengerjaan penelitian tugas akhir ini, terdapat beberapa tahap yang dilakukan berdasarkan pendekatan HCD. Pertama, pemahaman terhadap kelompok pengguna dan konteks penggunaannya dengan membuat user persona. Selanjutnya, ditentukan requirement pengguna terhadap sistem dengan memetakan user story dan customer journey. Kemudian, dilakukan perancangan low-fidelity prototype dan pengujian dengan skenario pengurutan halaman. Terakhir, dilakukan perancangan high-fidelity prototype dan pengujian dengan skenario yang sudah ditentukan berdasarkan hasil evaluasi sebelumnya sehingga didapat nilai efektivitas, efisiensi, kepuasan antarmuka, dan kemudahan skenario menurut pengguna. Dari hasil penelitian tugas akhir ini didapatkan hasil rancangan dengan 87.5% dari keseluruhan skenario yang diberikan memiliki nilai efektivitas 1 yang berarti sangat efektif. Selain itu dari hasil pengujian, didapat pula nilai efisiensi keseluruhan sistem sebesar 85%. Adapun dari hasil pengujian diperoleh penilaian pengguna terhadap kemudahan dan kepuasan antarmuka, ratarata nilai kemudahan yang diperoleh adalah sebesar 8.6 dan rata-rata nilai kepuasan antarmuka yang diperoleh adalah sebesar 7.8.