Seiring dengan perkembangan Agile Software Development Method (ASDM) lahirlah beberapa
fitur pada Project Management Software (PMS). Fitur-fitur yang lahir dari perkembangan
ASDM ini ada yang sudah cukup populer dan ada pula yang baru dikembangkan. Di antaranya
adalah fitur task boards dan user story mapping (USM). Dari data hasil survei yang diadakan
oleh Capterra pada tahun 2019 dikatakan bahwa task board memiliki kesenjangan antara
permintaan dan penggunaannya. Salah satu faktor yang mungkin menjadi alasan kesenjangan
tersebut adalah faktor usability, karena berdasarkan hasil survei yang sama, ketidakpuasan
pengguna terhadap PMS 43% dikarenakan kesulitan dalam penggunaannya. Sedangkan,
menurut laporan Annual State of Agile selama 3 tahun berturut-turut sejak tahun 2017 hingga
2019 didapatkan data bahwa penggunaan teknik USM pada PMS mengalami penurunan dan
USM termasuk ke dalam fitur yang jarang digunakan.
Kesulitan dalam penggunaan serta frekuensi penggunaan yang cenderung rendah dapat
diselesaikan dengan meningkatkan aspek usability. Human-Centred Design (HCD) merupakan
salah satu pendekatan desain yang sangat memperhatikan aspek usability. Oleh karena itu,
penelitian tugas akhir ini bertujuan untuk merancang antarmuka fitur task boards dan userstory
mapping dengan menggunakan pendekatan human-centred design (HCD) pada kasus proyek
pengembangan perangkat lunak.
Dalam pengerjaan penelitian tugas akhir ini, terdapat beberapa tahap yang dilakukan
berdasarkan pendekatan HCD. Pertama, pemahaman terhadap kelompok pengguna dan
konteks penggunaannya dengan membuat user persona. Selanjutnya, ditentukan requirement
pengguna terhadap sistem dengan memetakan user story dan customer journey. Kemudian,
dilakukan perancangan low-fidelity prototype dan pengujian dengan skenario pengurutan
halaman. Terakhir, dilakukan perancangan high-fidelity prototype dan pengujian dengan
skenario yang sudah ditentukan berdasarkan hasil evaluasi sebelumnya sehingga didapat nilai
efektivitas, efisiensi, kepuasan antarmuka, dan kemudahan skenario menurut pengguna.
Dari hasil penelitian tugas akhir ini didapatkan hasil rancangan dengan 87.5% dari keseluruhan
skenario yang diberikan memiliki nilai efektivitas 1 yang berarti sangat efektif. Selain itu dari
hasil pengujian, didapat pula nilai efisiensi keseluruhan sistem sebesar 85%. Adapun dari hasil
pengujian diperoleh penilaian pengguna terhadap kemudahan dan kepuasan antarmuka, ratarata nilai kemudahan yang diperoleh adalah sebesar 8.6 dan rata-rata nilai kepuasan antarmuka
yang diperoleh adalah sebesar 7.8.