digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2021 TA PP DINAN DIFITRIAN 1.pdf)u
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB

Cosplaymerupakan kegiatan pertunjukan yang dilakukan oleh individu dalam suatu komunitas, kegiatannya memperagakan kostum yang mengitepretasikan tokoh dalam budaya popular Jepang seperti dari anime dan game. Tinjauan cosplay pada aspek estetika dan aspek proses pembuatannya perlu diteliti lebih mendalam . karena rancangan cosplayyang dibuat secara manual dengan keterampilan tangan dalam mengolah bahannya yang menitikberatkan pada nilai estetis merupakan karakteristik dari bidang kriya. Permasalahannya terletak pada : (a) belum adanya kajian secara jelas yang meninjau proses produksi dalam pembuatan cosplaydengan menitik beratkan pada nilai estetik. (b) perlunya penjelasan dari hubungan antara wujud estetikcosplaydengan tokoh karakter dari anime atau games yang merupakan latar belakang pemikiran dari pembuatan cosplaytersebut. Tujuan penelitian ini meninjau antara lain : (a) wujud estetik pada cosplay pada bagian-bagiannya. (b) wujud tinjauan adaptasi visual yang berupa hubungan antara wujud estetik cosplaydengan tokoh karakter dari anime atau game. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan estetik kualitatif dengan tinjauan adaptasi visual untuk menguraikan unsur-unsur dalam objek estetis dengan mencari korelasinya antara wujud cosplay dan sifat dari tokoh karakter anime atau game . Berdasarkan analisa dalam tinjauan adaptasi visual padacosplay diperoleh kesimpulan bahwa wujud cosplaysecara intraestetik tidak hanya memakai wig, makeup, kostum dan aksesoris saja tetapi secara ekstraestetik merasa menjadi karakter yang memerankan karakter tokoh dalam animeatau gametersebut dengan mendalami cerita dibalik karakter yang dicosplaykan.