digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2021 TA PP M. ARIEF AZMAN HANIF 1.pdf iu
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB

Sikap merupakan salah satu aspek yang paling penting dalam kehidupan. Sikap mempengaruhi perbuatan sehari-hari seseorang. sikap yang baik dan benar dapat membangun karakter mulai dari masa muda, agar di masa depan dapat menjadi individu yang teladan. Akan tetapi, banyak remaja akhir yang masih memiliki masalah dalam menjaga sikap mereka dalam menghadapi sebuah kemenangan. Dalam kasus ini, kemenangan dapat memberikan kepercayaan diri yang berlebihan dan pada akhirnya berujung pada kesombongan. Untuk itu diperlukan sebuah media yang dapat memberikan wawasan kepada remaja Indonesia, mengenai sikap yang layak dalam menghadapi kemenangan. Rancangan ini ditujukan terutama kepada remaja muslim. Saat ini, media yang cukup dekat, menarik perhatian, dan akrab dengan remaja umumnya tidak terkecuali remaja Islam adalah pada media animasi. Dalam perancangan ini, animasi akan mengambil gaya visual cut-out animation 2 dimensi. Teknik cut-out 2 dimensi sendiri bersifat lebih sederhana dari segi pergerakan dibandingkan dengan animasi frame pada umumnya yang akhirnya akan dapat lebih mudah dimengerti oleh target audience. Solusi yang dirancang untuk masalah ini adalah dengan membuat karya berbasis media animasi 2 dimensi dengan teknik cut-out yang menceritakan tentang perang Badar dan perang Uhud. Animasi akan mencakup kisah perjuangan kaum muslim melawan kaum Quraisy dalam perang badar dan efek kemenangan tersebut terhadap sikap mereka dalam perang Uhud. Kisah yang diambil ini akhirnya digunakan sebagai pesan moral yang akan disampaikan kepada target audience. Rancangan animasi 2 dimensi bertema sejarah Islam diharapkan dapat menarik perhatian, diterima, dan dimengerti dengan lebih mudah oleh kalangan remaja Indonesia dibandingkan media lain seperti buku teks ataupun bergambar, dan juga memberikan wawasan kepada target audience mengenai sejarah islam di masa lampau. Setelah dibuatnya perancangan, dapat disimpulkan beberapa hal. Kisah kemenangan pasukan muslim dalam perang Badar dan pengaruhnya terhadap perang Uhud dapat memberikan pesan yang kuat mengenai penyikapan terhadap kemenangan kepada target audience. Dapat disimpulkan juga bahwa animasi cut-out 2 dimensi dapat mengkomunikasikan informasi kepada target audience dengan lebih mudah berkat adanya aspek visual dan audio untuk memberikan konteks lebih banyak dan juga lebih kuat untuk pesan yang ingin disampaikan.