digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Cover
PUBLIC karya

Abstrak
PUBLIC karya

Abstract
PUBLIC karya

Lembar Pengesahan
Terbatas karya
» ITB

Kata Pengantar
PUBLIC karya

BAB I
Terbatas karya
» ITB

BAB II
Terbatas karya
» ITB

BAB III
Terbatas karya
» ITB

BAB IV
Terbatas karya
» ITB

BAB V
Terbatas karya
» ITB

Daftar Pustaka & Lampiran
Terbatas karya
» ITB

Mobil listrik hibrid (PHEV) dan Mobil listrik baterai (BEV) telah banyak digunakan saat ini. Turunnya harga baterai di bawah $100/kWh dan juga kebijakan pendukung sangat penting dalam merangsang peluncuran mobil listrik di pasar kendaraan domestik beberapa tahun terakhir. Faktor lain, ada sekitar 7,3 juta pengisi daya di seluruh dunia, di mana sekitar 6,5 juta di antaranya adalah pengisian lambat daya mobil listrik di rumah. Terlepas dari semua manfaat penggunaan mobil listrik secara masif, masalah akan muncul dalam sistem jaringan listrik, terutama di daerah perumahan, seperti penurunan kualitas daya akibat harmonisa konverter daya, dan juga ini dapat menyebabkan transformator utilitas menjadi rusak. Kelebihan beban akibat pengisian mobil listrik secara bersamaan dalam satu waktu, hal itu tentunya akan berdampak pada penuaan dini transformator. Dalam beberapa riset yang telah dilakukan, beberapa metode diusulkan untuk mengurangi dampak pengisian mobil listrik pada jaringan distribusi, manajemen aktivitas pengisian beban mobil listrik, dan juga strategi pengisian dayanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengamati dampak aktivitas pengisian mobil listrik di rumah terhadap trafo utilitas, rugi-rugi, dan drop tegangan di kawasan residensial beserta mitigasi yang ditawarkan. Bekerja dengan metode simulasi stokastik Monte-Carlo karena karakteristik kebutuhan energi baterai mobil listrik yang tidak pasti, seperti waktu pengisian, tingkat baterai, serta tingkat penetrasi. Selanjutnya, proses pengamatan pembebanan dan penuaan trafo utilitas berdasarkan IEEE Std C57.91-2011 dan dalam menentukan persentase kehilangan umur trafo. Kemudian diusulkan mitigasi berupa pemisahaan jaringan dan transformator khusus untuk beban mobil listrik sebagai mitigasi teknis, dan juga pengendalian pengisian daya mobil listrik (Skema Pengisian Terkendali) dengan mengoptimalkan waktu dan beban trafo utilitas sebagai mitigasi manajemen koordinasi pengisian daya. Sistem yang digunakan dilakukan kajian dengan software simulasi ETAP 12.6.