digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Fadhil Ramdhana
PUBLIC Alice Diniarti

COVER Fadhil Ramdhana
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 1 Fadhil Ramdhana
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Fadhil Ramdhana
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3A Fadhil Ramdhana
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3B Fadhil Ramdhana
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4A Fadhil Ramdhana
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4B Fadhil Ramdhana
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Fadhil Ramdhana
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 6 Fadhil Ramdhana
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 7 Fadhil Ramdhana
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Fadhil Ramdhana
PUBLIC Alice Diniarti

PUSTAKA Fadhil Ramdhana
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

Pelabuhan Makassar adalah pelabuhan komersial yang dikelola oleh PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero) yang terletak di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Sebagai gerbang menuju Kawasan Indonesia Timur, Kota Makassar memiliki jumlah penduduk yang besar, laju pertumbuhan penduduk yang tinggi, serta laju perekonomian yang cukup tinggi dan kompetitif sehingga mengakibatkan meningkatnya kebutuhan kegiatan bongkar muat barang angkutan laut seperti cargo atau peti kemas. Oleh karena itu, Pelabuhan Makassar harus memiliki rencana pengembangan untuk mengatasi kebutuhan tersebut. Pada Tugas Akhir ini akan dilakukan perancangan desain pola operasi Terminal Peti Kemas Makassar New Port Pelabuhan Makassar untuk jangka pendek (2018-2022), jangka menengah (2018-2027) dan jangka panjang (2018-2037). Perancangan desain pola operasi dilakukan berdasarkan rencana kawasan terminal yang sudah direncanakan oleh pemerintah atau perusahaan yang bersangkutan. Pembahasan pada Tugas Akhir ini mencakup perancangan desain pola operasi di dermaga, perancangan desain pola operasi di lapangan penumpukan peti kemas dan perhitungan biaya pengeluaran dan pemasukan pada terminal peti kemas. Perancangan desain pola operasi di dermaga mencakup: profil dermaga, kombinasi pertambatan kapal peti kemas maksimum, alat bongkar muat dan kapasitas bongkar muat dermaga pada terminal peti kemas. Perancangan desain pola operasi di lapangan penumpukan peti kemas mencakup: profil lapangan penumpukan peti kemas, kapasitas bongkar muat lapangan penumpukan peti kemas, alat penumpukan peti kemas dan alat transportasi horizontal pada terminal peti kemas. Perhitungan biaya pengeluaran dan pemasukan mencakup: parameter perhitungan biaya pengeluaran dan pemasukan, data peralatan, skenario perhitungan biaya pengeluaran, biaya pengeluaran dan pemasukan berdasarkan pengadaan real, penentuan arus kas bersih per tahun dan penentuan periode pengembalian (payback period) pada terminal peti kemas.