digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah bermain game MOBA Arithmatopia yang mengaplikasikan gamifikasi metode pembelajaran matematika dasar number bonds dapat meningkatkan kelancaran berhitung matematika dasar, terutama kelancaran pertambahan angka satu digit. Game ini juga mengimplementasikan metode pembelajaran Teams-Games-Tournaments sebagai pondasi dari komponen pembelajaran kompetitif dan kooperatif. Peneliti menggunakan desain eksperimen quasi-experimental dengan pre-test dan post-test untuk mengukur tingkat kelancaran siswa dalam menyelesaikan latihan soal pertambahan angka satu digit. Kita melakukan tes pada dua grup siswa kelas satu sekolah dasar. Salah satu grup memainkan game Arithmatopia dan grup lainnya tidak. Kedua grup diajar oleh guru matematika yang sama. Di akhir penelitian, kami menemukan bahwa kedua grup menunjukkan perbedaan yang signifikan antara pretest dan post-test. Secara statistik menggunakan pengujian anova satu jalur, grup yang memainkan Arithmatopia memiliki rata-rata peningkatan nilai yang lebih tinggi dibandingkan grup lain yang tidak bermain.