Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah bermain game MOBA
Arithmatopia yang mengaplikasikan gamifikasi metode pembelajaran matematika
dasar number bonds dapat meningkatkan kelancaran berhitung matematika dasar,
terutama kelancaran pertambahan angka satu digit. Game ini juga
mengimplementasikan metode pembelajaran Teams-Games-Tournaments sebagai
pondasi dari komponen pembelajaran kompetitif dan kooperatif. Peneliti
menggunakan desain eksperimen quasi-experimental dengan pre-test dan post-test
untuk mengukur tingkat kelancaran siswa dalam menyelesaikan latihan soal
pertambahan angka satu digit. Kita melakukan tes pada dua grup siswa kelas satu
sekolah dasar. Salah satu grup memainkan game Arithmatopia dan grup lainnya
tidak. Kedua grup diajar oleh guru matematika yang sama. Di akhir penelitian, kami
menemukan bahwa kedua grup menunjukkan perbedaan yang signifikan antara pretest dan post-test. Secara statistik menggunakan pengujian anova satu jalur, grup
yang memainkan Arithmatopia memiliki rata-rata peningkatan nilai yang lebih
tinggi dibandingkan grup lain yang tidak bermain.
Perpustakaan Digital ITB