BAB 1 Michael Widjaja
Terbatas  Resti Andriani
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Resti Andriani
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Michael Widjaja
Terbatas  Resti Andriani
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Resti Andriani
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Michael Widjaja
Terbatas  Resti Andriani
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Resti Andriani
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Michael Widjaja
Terbatas  Resti Andriani
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Resti Andriani
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Michael Widjaja
Terbatas  Resti Andriani
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Resti Andriani
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Michael Widjaja
Terbatas  Resti Andriani
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Resti Andriani
» Gedung UPT Perpustakaan
Kegiatan utama dalam industri pertambangan adalah pemindahan material dari suatu tempat
ke tempat lain. Salah satu bagian dari biaya operasional yang berhubungan langsung dengan
kegiatan tersebut adalah biaya pemuatan dan pengangkutan pemindahan material. Dengan
mengoptimalkan jumlah alat angkut yang digunakan, maka biaya pemuatan dan
pengangkutan pemindahan material dapat ditekan seminimal mungkin. Untuk dapat
menjalankan kegiatan pemindahan material secara efektif dan efesien diperlukan suatu
metode optimalisasi jumlah alat angkut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
teori antrian karena dapat menyimulasikan waktu tunggu dan jumlah antrian yang terjadi
dari berbagai variansi jumlah dump truck yang digunakan di dalam sistem pemindahan
material. Penelitian ini dilakukan di Tambang Batu Hijau PT Amman Mineral Nusa
Tenggara yang menggunakan sistem penambangan konvensional truck and shovel untuk
memindahkan batuan penutup dari front penambangan ke waste dump. Dalam penelitian ini,
diasumsikan hanya terdapat empat simpul pelayanan dalam sistem siklus antrian
pemindahan batuan penutup, yaitu pemuatan batuan penutup di front kerja, pengangkutan
batuan penutup menuju waste dump, pembuangan batuan penutup di waste dump, dan
perjalanan kembali menuju front kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan biaya
pemuatan dan pengangkutan yang termurah berdasarkan jumlah dump truck yang paling
optimum. Dengan memvariasikan jumlah dump truck yang digunakan pada sistem antrian
ini, didapatkan dump truck yang berjumlah sepuluh menghasilkan biaya pemuatan dan
pengangkutan terendah dengan $0,770/ton batuan penutup.