digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2001 Rahmat Hidayat
PUBLIC Open In Flipbook Alice Diniarti

Abstrak : Perbankan Islam merupakan salah satu sektor jasa yang relatif barn di Indonesia, dan kehadirannya dipelopori oleh Bank Muamalat Indonesia (BMI). Perbankan Islam utamanya BMI mempunyai tingkat pertumbuhan yang sangat pesat dengan kinerja yang sangat baik termasuk pada saat krisis ekonomi. Mengingat sebagian besar penduduk Indonesia beragama Islam, maka potensi pasar perbankan Islam termasuk BMI sangat besar. Meskipun demikian dalam kenyataannya, market share-nya masih sangat kecil yaitu belum mencapai 1% bila dibanding perbankan konvensional. Oleh karena itu, tantangan dan permasalahan yang dihadapi oleh BMI adalah bagaimana meningkatkan daya tariknya ditengahtengah masyarakat muslim sehingga menjadi nasabahnya. Dengan demikian peranannya semakin meningkat dan unggul ditengah-tengah persaingan perbankan yang semakin ketat. Disamping itu, bahwa eksistensi dan kinerja BMI tidak lepas dari/dipengaruhi oleh berbagai faktor strategis, baik itu faktor eksternal misalnya ekonomi, sosial politik dan keamanan, hukum, kebijakan pemerintah maupun faktor internal misalnya keuangan, SDM, infrastruktur dan sebagainya, balk yang berpengaruh secara positif (strengh- oppotunity) maupun faktor yang berpengaruh secara negarif (weakness- threats). Oleh karena itu diperlukan suatu strategi bisnis bagaimana mengelola berbagai faktor tersebut agar perusahaan dapat eksis dan berkembang di tengah situasi persaingan yang semakin ketat di dunia perbankan. Tesis ini diharapkan dapat menjawab berbagai persoalan tersebut diatas. Denali menggunakan Metode BCG, Metode GE, Analisis SWOT dan TOWS/SWOT, penulis mencoba menformulasikan clan mengusulkan strategi bisnis yang dibutuhkan oleh perusahaan. Formulasi dan usulan strategi bisnis tersebut dikelompokkan kedalam empat bagian, yaitu: Strategi SO (Strengths-Opportunities), Strategi WO (Weakness- Opportunities), Strategi ST (Strengths-Treats), dan Strategi WT (Weakness- Treats).