Pada sistem pengambilan/penempatan barang secara otomatis pada rak gudang,
diperlukan penghubung antara sistem dengan pengguna dan dengan dirinya sendiri
(antara perangkat lunak dan perangkat keras). Untuk itu, telah dirancang perangkat
lunak untuk menangani hubungan antara basis data dengan antarmuka dan
pengendali perangkat keras, hubungan antara sensor dan pengendali motor dengan
perintah yang diterima dari pengguna, serta hubungan antara antarmuka dengan
pengendali itu sendiri di atas jalur komunikasi antara perangkat keras dan
perangkat lunak. Implementasi yang dilakukan terhadap permasalahan tersebut
adalah dalam suatu sistem IoT berbasis MQTT sebagai jaringannya, FSM sebagai
pengendali informasi perangkat kerasnya, GUI berbasis C# sebagai antarmukanya,
basis data berbasis MongoDB sebagai penyimpanannya, dan kendalian setup-loop
pada mikrokontroler Arduino dengan bahasa C++ sebagai pengatur aliran perintah
bagi pengendalinya. Implementasi perangkat lunak yang telah dilakukan
menunjukkan bahwa sistem mampu berkomunikasi dengan latency 3 ms dan
mengimplementasikan FSM yang memiliki threshold parameter konstan sebesar
3 cm dan parameter konversi PID jika posisi berada sekurangnya 70% dari target.
Desain dan implementasi yang telah dilakukan dapat menjadi alternatif solusi bagi
masalah yang disebutkan.