digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Cover
PUBLIC karya

Abstrak dan Abstract
PUBLIC karya

Lembar Pengesahan
PUBLIC karya

Permainan kartu dan beberapa dari permainan papan adalah permainan yang menggunakan kartu sebagai alat permainan. Akan tetapi, terdapat beberapa kendala yang dapat mengganggu jalannya permainan namun jarang diluruskan dalam bentuk fisik bersama dengan satu paket permainan kartu. Karena itu, dikembangkanlah sebuah perangkat lunak yang menyediakan informasi lebih lengkap dan juga informasi yang tidak disediakan secara fisik dalam permainan. Aplikasi tersebut memanfaatkan sistem operasi Android dan layanan database yang terhubung dengan internet. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan perangkat lunak dengan pendekatan Extreme Programming (XP) yang meliputi Perancangan, Desain, Coding, dan Pengujian. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi pada beberapa komunitas yang menggiati permainan kartu pada komunitas mereka. Berdasarkan prosedur yang telah dilakukan, dihasilkan sebuah perangkat lunak yang dapat menyediakan informasi permainan kartu yang dibutuhkan, namun tidak disediakan oleh permainan kartu tersebut. Dari hasil pengujian dengan cara melakukan simulasi pada sistem, perangkat lunak yang dibangun dapat terhubung dengan database yang menyimpan informasi yang dibutuhkan. Namun dalam pengembangannya, masih banyak fitur aplikasi yang belum diimplementasikan seperti pembuatan laman kartu dan menilai laman tersebut. Fitur aplikasi tersebut dapat dikembangkan lebih lanjut.