Permainan kartu dan beberapa dari permainan papan adalah permainan yang menggunakan kartu
sebagai alat permainan. Akan tetapi, terdapat beberapa kendala yang dapat mengganggu jalannya
permainan namun jarang diluruskan dalam bentuk fisik bersama dengan satu paket permainan
kartu. Karena itu, dikembangkanlah sebuah perangkat lunak yang menyediakan informasi lebih
lengkap dan juga informasi yang tidak disediakan secara fisik dalam permainan. Aplikasi tersebut
memanfaatkan sistem operasi Android dan layanan database yang terhubung dengan internet.
Penelitian ini menggunakan metode pengembangan perangkat lunak dengan pendekatan Extreme
Programming (XP) yang meliputi Perancangan, Desain, Coding, dan Pengujian. Teknik
pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi pada beberapa komunitas yang menggiati
permainan kartu pada komunitas mereka.
Berdasarkan prosedur yang telah dilakukan, dihasilkan sebuah perangkat lunak yang dapat
menyediakan informasi permainan kartu yang dibutuhkan, namun tidak disediakan oleh permainan
kartu tersebut. Dari hasil pengujian dengan cara melakukan simulasi pada sistem, perangkat lunak
yang dibangun dapat terhubung dengan database yang menyimpan informasi yang dibutuhkan.
Namun dalam pengembangannya, masih banyak fitur aplikasi yang belum diimplementasikan
seperti pembuatan laman kartu dan menilai laman tersebut. Fitur aplikasi tersebut dapat
dikembangkan lebih lanjut.