Perkembangan di dunia advanced driver assistance systems (ADAS)
khususnya Forward Collision Warning System (FCWS) pada mobil pribadi sudah
sangat pesat karena bisa mendeteksi berbagai jenis objek yang ada di depan mobil dan
melakukan tindakan yang sesuai untuk tetap menjaga jarak aman antar kendaraan.
Akan tetapi, sistem ini hanya tersedia pada mobil tipe tertentu dan perkembangan
teknologi sistem ini sebagai adds-on pada existing car di Indonesia masih sulit diakses
dan harganya yang relatif mahal. Sedangkan, sistem ini sangat berguna meningkatkan
kewaspadaan pengendara dalam menjaga jarak yang pada akhirnya akan
meningkatkan keamanan pengendara dalam berkendara.
Sehingga diperlukan suatu sistem adds-on yang sesuai dengan existing car di
Indonesia yang belum memiliki sistem vehicle forward collision warning system dan
dengan harga yang terjangkau. Sistem yang dikembangkan akan menggunakan aki
mobil 12V sebagai sumber energi utama.
Selain data jarak dan kecepatan, sistem ini juga memerlukan data sudut setir
yang akan diimplementasikan untuk pergerakan aktuator berupa servo di bawah sensor
jarak yang akan bergerak sesuai dengan rotasi roda. Subsistem ini digunakan untuk
menghindari false warning pada jalan berbelok. Pada dokumen ini akan dijelaskan
mengenai metode akuisisi dan juga implementasi dari instrumentasi data sudut setir
dan aktuator motor. Dari pengujian yang telah dilakukan secara statis subsistem ini
berhasil, namun tidak diimplementasikan pada percobaan dinamis dan tidak
diintegrasikan dengan sistem utama.