digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Perkembangan di dunia advanced driver assistance systems (ADAS) khususnya Forward Collision Warning System (FCWS) pada mobil pribadi sudah sangat pesat karena bisa mendeteksi berbagai jenis objek yang ada di depan mobil dan melakukan tindakan yang sesuai untuk tetap menjaga jarak aman antar kendaraan. Akan tetapi, sistem ini hanya tersedia pada mobil tipe tertentu dan perkembangan teknologi sistem ini sebagai adds-on pada existing car di Indonesia masih sulit diakses dan harganya yang relatif mahal. Sedangkan, sistem ini sangat berguna meningkatkan kewaspadaan pengendara dalam menjaga jarak yang pada akhirnya akan meningkatkan keamanan pengendara dalam berkendara. Sehingga diperlukan suatu sistem adds-on yang sesuai dengan existing car di Indonesia yang belum memiliki sistem vehicle forward collision warning system dan dengan harga yang terjangkau. Sistem yang dikembangkan akan menggunakan aki mobil 12V sebagai sumber energi utama. Selain data jarak dan kecepatan, sistem ini juga memerlukan data sudut setir yang akan diimplementasikan untuk pergerakan aktuator berupa servo di bawah sensor jarak yang akan bergerak sesuai dengan rotasi roda. Subsistem ini digunakan untuk menghindari false warning pada jalan berbelok. Pada dokumen ini akan dijelaskan mengenai metode akuisisi dan juga implementasi dari instrumentasi data sudut setir dan aktuator motor. Dari pengujian yang telah dilakukan secara statis subsistem ini berhasil, namun tidak diimplementasikan pada percobaan dinamis dan tidak diintegrasikan dengan sistem utama.