Cell Transmission Model (CTM) merupakan salah satu metoda numerik untuk
menentukan dinamika aliran lalu lintas secara makroskopik. Penerapan metoda
CTM standard ini mensyaratkan ruas jalan sebagai domain perhitungan harus
dipartisi menjadi selang bagian yang sama panjang, dimana panjang selang bagian
tersebut adalah perkalian dari satu satuan waktu pengamatan dengan kecepatan
aliran bebas. Syarat panjang selang partisi yang harus sama ini terkadang tidak
dapat dipenuhi untuk suatu situasi tertentu, misalnya bilamana ruas jalan terlalu
pendek. Di sini metoda CTM termodifikasi diusulkan untuk mengatasi batasan
panjang sel yang harus sama ini. Pada Tugas Akhir ini metoda CTM termodifikasi
diformulasikan, dan dinyatakan dalam variabel kepadatan lalu lintas k dan arus lalu
lintas q. Selanjutnya formula CTM termodifikasi digunakan untuk mensimulasikan
dinamika aliran lalu lintas dengan berbagai situasi diantaranya; munculnya
kepadatan kendaraan yang bertambah panjang seiring dengan berjalannya waktu
akibat adanya hambatan. Selain itu juga disimulasikan kasus adanya traffic light,
serta modifikasi saat ada persimpangan jalan (diverge). Hasil simulasi yang didapat
konsisten dengan hasil CTM standar, dan sesuai kondisi yang sehari-hari kita temui.