digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Cover
PUBLIC karya

Abstrak
PUBLIC karya

Abstract
PUBLIC karya

Lembar Pengesahan
PUBLIC karya

Tugas Akhir
PUBLIC karya

Kesiapsiagaan dalam menghadapi gempa bumi dan tsunami sangat diperlukan bagi negara-negara yang rentan bencana, termasuk Indonesia. Berkaca dari Jepang, yang memiliki risiko tinggi akan gempa bumi dan tsunami dengan kerentanan rendah, edukasi terkait kesiapsiagaan sudah diterapkan kepada warganya sejak dini. Salah satu metode untuk edukasi kesiapsiagaan bencana adalah melalui mobile game. Pengembangan mobile game membutuhkan sumber daya yang lebih sedikit daripada penyelenggaraan simulasi drill atau pelatihan kebencanaan. Tidak seperti metode seminar dan sosialisasi, mobile game dengan sistem multipemain daring dan multilingual dipercaya mampu meningkatkan aksesibilitas dan fleksibilitas kegiatan pembelajaran. Selain itu, mobile game dianggap sebagai metode pembelajaran interaktif yang dapat memberikan pengalaman representatif dengan kejadian sebenarnya. Sifat interaktif tidak terlepas dari elemen antarmuka yang dimiliki mobile game. Selain interaktif, mobile game dapat menilai kemampuan pemain di berbagai aspek melalui sistem skor. Mobile game edukasi yang ada sudah memiliki sistem scoring, namun belum evaluatif. Maka dari itu, penelitian ini mengembangkan mobile game, berjudul Tsunami Fighters, untuk edukasi gempa bumi dan tsunami, khususnya pada bagian antarmuka dan sistem evaluasi beserta sistem manajemen basis data. Tsunami Fighters merupakan game dengan jenis visual novel yang dimainkan oleh dua pemain secara bergiliran, serta dapat mengevaluasi pengetahuan pemain sebelum dan sesudah bermain. Pada visual novel, perilaku pemain dalam menghadapi bencana juga dapat dievaluasi dengan mengkategorikan tindakan-tindakan yang dipilih. Tsunami Fighters telah diuji ke beberapa sampel target pengguna berdasarkan komponen mobility, usability, playability, konten pembelajaran, serta multipemain dan komunikasi. Pengujian dilakukan dengan 5-poin skala Likert dan memperoleh nilai 4,34 khusus untuk modul antarmuka dan sistem evaluasi, dan 4,20 untuk aplikasi secara keseluruhan. Kedua nilai ini menunjukkan bahwa mobile game Tsunami Fighters dapat menjadi platform edukasi untuk bencana gempa bumi dan tsunami dengan antarmuka dan sistem evaluasi beserta sistem manajemen basis data yang mendukung.