digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Izza Yusriyah
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

BAB 1 Izza Yusriyah
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

BAB 2 Izza Yusriyah
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

BAB 3 Izza Yusriyah
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

BAB 4 Izza Yusriyah
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

BAB 5 Izza Yusriyah
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

DAFTAR Izza Yusriyah
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

2020 TA PP IZZA YUSRIYAH_LAMPIRAN.pdf ]
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

2020 TA PP IZZA YUSRIYAH_JURNAL.pdf)u
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

Pembelajaran pengurangan risiko bencana di sekolah dasar membantu peserta didik memainkan peran penting dalam menyelamatkan dirinya pada saat bencana. Upaya ini merupakan salah satu bentuk kesiapsiagaan berbasis sekolah yang saat ini juga sedang dilaksanakan pada sekolah dasar negeri di Kota Banda Aceh. Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi kondisi kesiapsiagaan bencana berbasis sekolah pada sekolah dasar negeri di Kota Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan analisis deskriptif dan analisis konten untuk melihat kondisi kesiapsigaan bencana berbasis sekolah dari segi fasilitas sekolah yang aman, manajemen bencana di sekolah, serta pendidikan pencegahan dan pengurangan risiko bencana. Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa sekolah belum cukup aman dari bencana alam gempa bumi dan tsunami yang dapat terjadi sewaktu-waktu di masa mendatang. Kondisi ini disebabkan sekolah masih belum sepenuhnya mandiri dalam memanajemen kebencanaan di sekolah diakibatkan oleh faktor eksternal seperti peran serta pemerintah yang tidak memantau lebih lanjut keberjalanan kesiapsiagaan di sekolah dan pendanaan. Maka perlu adanya penguatn kelembagaan sekolah yang proaktif menjalanankan kesiapsiagaan bencana di sekolah.