digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Nirmala Hidayati
PUBLIC Irwan Sofiyan

COVER Nirmala Hidayati
PUBLIC Irwan Sofiyan

BAB 1 Nirmala Hidayati
PUBLIC Irwan Sofiyan

BAB 2 Nirmala Hidayati
PUBLIC Irwan Sofiyan

BAB 3 Nirmala Hidayati
PUBLIC Irwan Sofiyan

BAB 4 Nirmala Hidayati
PUBLIC Irwan Sofiyan

BAB 5 Nirmala Hidayati
PUBLIC Irwan Sofiyan

BAB 6 Nirmala Hidayati
PUBLIC Irwan Sofiyan

PUSTAKA Nirmala Hidayati
PUBLIC Irwan Sofiyan

Keselamatan lalu lintas sangat penting diperhatikan oleh penyedia layanan transportasi, karena apabila terjadi kecelakaan lalu lintas akan menimbulkan kerugian baik materi ataupun korban jiwa. Dalam jangka waktu 3 tahun sejak resmi beroperasi pada tahun 2015, telah terjadi 3810 kecelakaan lalu lintas pada Jalan Tol Cikopo – Palimanan (Cipali). Dengan demikian dibutuhkan berbagai upaya untuk meningkatkan keselamatan pada Jalan Tol Cipali. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan membangun model prediksi kecelakaan lalu lintas. Penelitian ini mengembangkan model prediksi kecelakaan lalu lintas untuk Jalan Tol Cipali. Model dibangun dengan menggunakan Model Regresi Binomial Negatif, dengan angka kecelakaan lalu lintas sebagai variabel terikat dan volume lalu lintas serta beberapa karakteristik geometrik jalan tol sebagai variabel bebas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa angka kecelakaan lalu lintas berkorelasi positif dengan tipe perkerasan jalan dan berkorelasi negatif dengan lalu lintas harian rata-rata tahunan dan proporsi pagar keselamatan di bahu luar.