COVER Justin Panungkunan Sitohang
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Justin Panungkunan Sitohang
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Justin Panungkunan Sitohang
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Justin Panungkunan Sitohang
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Justin Panungkunan Sitohang
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Justin Panungkunan Sitohang
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Justin Panungkunan Sitohang
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  karya
» Gedung UPT Perpustakaan
Saat ini, polusi udara didominasi oleh sektor transportasi dan efeknya semakin buruk jika tidak
dikendalikan, namun pada kenyataannya sangat sulit untuk mengendalikan sumber polusi udara
yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor yang jumlahnya sangat banyak.Hal ini yang mendasari
saat ini untuk melakukan transisi dari mobil bahan bakar menjadi mobil listrik. Di dalam
pengembangan mobil listrik masih memiliki kendala dalam pengisian baterai yang masih
menggunakan kabel. Pengisian baterai dengan kabel masih dikatakan kurang aman pada kondisi
basah dan juga membutuhkan baterai yang besar yang membuat mobil menjadi berat. Namun,
dengan adanya sistem pengisian daya nirkabel segala kekurangan tersebut dapat diatasi sehingga
mobil listrik akan semakin diminati.
Pada penelitian ini merancang dan membuat sistem transfer daya nirkabel pada aplikasi mobil
listrik dengan prinsip Inductive Power Transfer (IPT). Sistem ini terbagi menjadi tiga sub-sistem
utama yaitu konverter AC-AC frekuensi tinggi, sirkuit resonansi, dan konverter AC-DC. Subsistem
AC-AC frekuensi tinggi adalah menjadi pokok pembahasan dalam penelitian tugas akhir
penulis. Perancangan dilakukan simulasi pada software Matlab, sub-sistem AC-AC frekuensi
tinggi diharuskan dapat memberikan arus sebesar 10 A pada baterai dan harus mampu membatasi
dan menghasikan arus pada frekuensi resonan di sisi kopling magnetik. Pada penelitian ini, sub
konverter AC-AC frekuensi tinggi digabungkan dengan sub-sistem lainnya secara utuh sebagai
kesaruan sistem transfer daya induktif yang mampu membatasi arus yang diharapkan yaitu
sebesar 4A rms pada frekuensi 100 kHz di sisi primer rangkaian kopling magnetik untuk
menyuplai arus konstan 10 A pada baterai bertegangan 14 V.