Penelitian ini didasari oleh beragamnya jenis dan bentuk gendongan bayi yang digunakan di Indonesia. Selain produk-produk gendongan bayi yang diproduksi masal dengan berbagai bentuk dan fitur modern, gendongan kain jarik tradisional masih menjadi pilihan bagi ibu di Indonesia. Penelitian dilakukan untuk mengevaluasi persepsi subjektif konsumen dalam memilih menggunakan suatu produk gendongan bayi. Evaluasi dilakukan untuk melihat faktor yang menyebabkan konsumen memilih produk tertentu serta hubungannya dengan desain produk gendongan bayi. Kansei engineering digunakan sebagai metode identifikasi persepsi emosional atau perasaan konsumen terhadap produk gendongan bayi. Hasil identifikasi adalah beberapa kata kansei yang dikelompokkan dan digunakan sebagai stimuli dalam kuesioner evaluasi 4 sampel produk gendongan bayi yang umum digunakan di Indonesia. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 faktor utama yang mendorong pemilihan produk gendongan bayi, yaitu faktor kenyamanan, desain, dan bahan. Berdasarkan ketiga faktor tersebut, konsumen memberikan penilaian yang paling tinggi terhadap gendongan berjenis kangaroo atau wrap.