Peran data dan informasi dapat menjadi sumberdaya yang sangat berharga bagi enterprise dalam menghadapi ketidakpastian perubahan lingkungannya. Informasi dapat dikatakan sebagai sumber daya dikarenakan sifatnya yang memiliki nilai potensial yang dinamis serta memiliki nilai unggul bagi bisnis dalam persaingan pasar. Informasi yang telah diolah dapat menjadi pengetahuan yang dapat membantu merumuskan sebuah keputusan. Salah satunya seperti mengidentifikasi ulasan konsumen melalui media sosial, informasi dapat membantu top management dalam menetapkan sebuah strategi pemasaran bagi layanan maupun produk yang diunggulkannya. Menilai ulasan konsumen dapat dilakukan dengan menganalisis sejumlah data histori yang relevan, seperti ulasan konsumen terkait fitur dan layanan yang diberikan. Dalam penelitian ini dibangun sebuah Model Strategic Intelligence dalam Mengelola Ulasan Konsumen pada Media Sosial yang dapat membantu pihak eksekutif dalam menentukan strategi pemasaran.
Model Strategic Intelligence dalam mengelola Ulasan Konsumen pada Media Sosial merupakan sebuah model sistematis guna menganalisis sejumlah data histori untuk menghasilkan informasi pencapaian suatu enterprise dalam memenuhi ekspetasi konsumen. Pada implementasinya, model ini melibatkan sejumlah proses machine learning dan text mining untuk menganalisis teks, yaitu praproses teks, pemodelan topik, dan kategorisasi teks. Pemodelan topik digunakan untuk menilai salah satu kriteria social media engagement, yaitu cooperation dengan mengekstrasi informasi percapakan konsumen pada media sosial, untuk mendapatkan topik-topik percakapan konsumen. Sedangkan kategorisasi teks digunakan untuk mengklasifikasikan ulasan konsumen berdasarkan topik-topik percakapan sesuai sentimennya, dan juga untuk mengklasifikasikan status yang diposting perusahaan ke dalam kategori kriteria coordination, meliputi promotion, conversation, education, inspiration, dan
entertainment. Selanjutnya hasil analisis teks akan dikonstruksi dalam sebuah kuadran importance performance analysis untuk dijadikan pelaporan pada top level management. Informasi yang dihasilkan diharapkan dapat memberikan pemahaman serta pengetahuan secara holistik, serta dapat membantu top level management dalam membuat keputusan taktis untuk jangka pendek dan keputusan strategis untuk jangka panjang.
Hasil eksperimen menunjukkan bahwa model yang dikembangkan dinyatakan valid dan reliabel. Pengujian Model Strategic Intelligence dilakukan dengan uji validitas konstruk melalui pendapat dari ahli (expert judgement) dengan menyebarkan sejumlah kuesioner, kemudian diolah menggunakan instrumen uji validitas, reliabilitas, dan measurement model. Berdasarkan hasil uji validitas, nilai Total Correlation untuk setiap komponen item dalam model menunjukkan nilai yang lebih tinggi dari nilai rTabel sebesar 0,497 dan hasil uji reliabilitas menunjukkan nilai rata-rata Total Cronbach’s Alpha mencapai 0,804. Kemudian untuk uji measurement model menunjukkan bahwa indeks goodness of fit telah memenuhi semua kriteria untuk distribusi N sebanyak 100 pakar yang terlibat.