PUSTAKA Renata Anastasia
Terbatas  Dwi Ary Fuziastuti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dwi Ary Fuziastuti
» Gedung UPT Perpustakaan
Perkembangan perusahaan e-commerce di Indonesia menuntut penggunaan machine
learning dalam memprediksi perilaku pelanggan untuk meningkatkan penjualan
barang. Metode Ordinary Gaussian Process dapat digunakan untuk memprediksi
perilaku pelanggan karena bersifat non-parametrik dan dapat melakukan prediksi
untuk regresi maupun klasifikasi. Prediksi perilaku pelanggan dapat dilakukan untuk
suatu periode tertentu terhadap data yang masuk secara terus menerus (streaming).
Dengan demikian, training data akan bertambah banyak seiring dengan berjalannya
waktu sehingga penggunaan metode Ordinary Gaussian Process akan membutuhkan
memori dan waktu komputasi yang besar. Salah satu metode yang digunakan untuk
menyelesaikan masalah ini adalah dengan menggunakan Online Gaussian Process,
dimana variabel untuk setiap iterasi akan dihitung menggunakan variabel yang
didapat dari iterasi sebelumnya. Online Gaussian Process juga akan memanfaatkan
aproksimasi sparse dan batas jumlah elemen maksimum dalam basis untuk
menghemat memori dan mempercepat waktu komputasi. Dalam Tugas Akhir ini,
Online Gaussian Process menunjukkan performa prediksi regresi dan klasifikasi
yang baik pada berbagai data bangkitan. Online Gaussian Process juga
diimplementasikan untuk menyelesaikan permasalahan iklan digital e-commerce di
internet dan pembuatan mesin rekomendasi untuk pelanggan, dimana hasil prediksi
yang dikeluarkan sudah cukup baik untuk kedua masalah tersebut.