digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Studi ini bertujuan meneliti dampak dari tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) sebagai alat ukur komitmen etika perusahaan pada kegiatan penghindaran pajak melalui transfer pricing aggressiveness. Kami mengobservasi sebanyak 439 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (kecuali perusahaan keuangan dan asuransi) pada tahun 2008 sampai dengan 2015. Ini merupakan studi empiris pertama mengenai hubungan penghindaran pajak, transfer pricing aggressiveness, dan CSR. Hasil regresi kami menunjukkan bahwa CSR bepengaruh secara negatif pada tingkat penghindaran pajak dan juga bepengaruh secara negatif pada transfer pricing aggressiveness. Selain itu, kami juga menemukan hasil regresi yang menunjukkan bahwa CSR memiliki hubungan negatif terhadap penghindaran pajak pada portofolio sampel dengan biaya iklan (advertising) yang tinggi. Berdasarkan studi ini, kami menyarankan untuk mempertimbangan penggunaan CSR sebagai varibel yang menunjukkan komitmen etika perusahaan. Kami berharap penelitian ini dapat membawa ide baru dalam menganalisis kasus penghindaran pajak dan memberikan wawasan mengenai determinan dari penghindaran pajak dan transfer pricing aggressiveness di Indonesia yang diharapkan dapat berguna bagi petugas pajak, perusahaan, dan konsultan pajak Keywords: tanggung jawab sosial perusahaan; penghindaran pajak; transfer pricing; Indonesia