Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh kegagalan progresif yang terjadi pada struktur plat komposit berlubang dengan filled hole pada pembebanan tarik. Untuk keperluan tersebut perlu pemodelan di dalam analisa menggunakan metode elemen hingga. MSC Patran Nastran sudah sejak lama dikembangkan untuk memprediksi failure load yang terjadi pada struktur komposit plat berlubang menggunakan analisa kegagalan progresif. Saat ini teori kegagalan Tsai-Hill, Hoffmann dan kriteria kegagalan tegangan maksimum sedang dipelajari oleh banyak peneliti untuk menginvestigasi pengaruh kriteria kegagalan dan degradasi material property. Model kegagalan yang terjadi pada pemodelan dibandingkan dengan hasil pengujian komposit milik PT Dirgantara Indonesia untuk memperoleh kesesuaian antara hasil pengujian dan hasil analisa numerik.
Beban maksimum rata-rata yang diperoleh dari masing-masing konfigurasi adalah sebagai berikut :
UD-8176 (00, +450, 900,-450, 900 , +450, 00)s sebesar 6543.49 kgf
UD-8178 (00, +450, 900,-450, +450 , 900, -450, 00 )s sebesar 6854.42 kgf Fabric-8276 (00/900, ±450, ±450, 900/00 , ±450, 00/900 )s sebesar 6653.60 kgf Fabric (00/900, ±450, ±450, 900/00 ) s sebesar 4283.26 kgf
Terjadi perbedaan antara hasil eksperimen dengan teori kegagalan pada konfigurasi UD-8176 , UD-8178, Fabric-8276, Fabric-8278 . Teori Tsai-Hill sebesar
11% , teori Hoffman sebesar 19%, Teori Tegangan Maksimum sebesar 50%
Perpustakaan Digital ITB