digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800


2014_TS_PP_ASROPI_1-BAB_11.pdf
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

2014_TS_PP_ASROPI_1-BAB_21.pdf
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

2014_TS_PP_ASROPI_1-BAB_31.pdf
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

2014_TS_PP_ASROPI_1-BAB_4_pdf1.pdf
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan


PISA (Programme for International Student Assesment) adalah sebuah proyek dari Organization for Economic Co-operation and Development (OECD). Program ini diikuti oleh beberapa negara peserta, termasuk Indonesia. PISA bertujuan untuk menilai sejauh mana siswa berusia 15 tahun terampil menggunakan matematika ketika dihadapkan dengan masalah dalam konteks dunia nyata. Ada tiga literasi yang dinilai dalam PISA yakni: membaca, matematika, dan sains. Untuk literasi matematika, ruang lingkup PISA memiliki tiga aspek yaitu: konten, proses, dan konteks. Aspek dari konten matematis ada empat yaitu: relasi dan fungsi (change and relationships), geometri dan pengukuran (space and shape), bilangan (quantity), dan statistika dan peluang (uncertainty and data). Tiga aspek dari proses matematis, yaitu: merumuskan situasi secara matematis; menggunakan konsep matematis, fakta, dan prosedur; dan menginterpretasi, menerapkan, dan mengevaluasi hasil. Aspek dari konteks matematis ada empat yaitu: pribadi (personal), pekerjaan (occupational), kemasyarakatan (societal), dan Ilmiah (scientific). Pada proyek ini dibahas satu set soal PISA yang dikembangkan berdasarkan masalah kontekstual yang ada di Indonesia. Soal-soal yang dikembangkan kemudian dikaitkan dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.