digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2018 TS PP YONA TANTYA UTAMA 1-ABSTRAK.pdf
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Indonesia adalah rumah bagi lebih dari 100 juta pengguna internet. Mobile browsing, dan belanja online, mendominasi aktivitas internet di Indonesia, dan e-commerce akan menjadi industri besar di negara ini. PT. NAYAMA menyediakan solusi untuk logistik di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. PT. NAYAMA menyajikan sebuah platform online yang akan membuatnya lebih mudah bagi pengirim bertemu dengan penyedia layanan logistik yang cepat dan sesuai dengan kebutuhan. Logistik Indonesia saat ini adalah kekurangan konektivitas antara pengirim dan penyedia layanan logistik dan dampaknya kesulitan untuk pengirim menemukan penyedia layanan yang potensial dengan pilihan harga yang kompetitif. PT. NAYAMA pasti dapat membantu masalah logistik yang terjadi di Indonesia. Tapi PT. NAYAMA harus mengetahui strategi yang paling optimal untuk bertahan di bisnis ini, untuk menjadi pemimpin pasar dan pemimpin profit di bidang logistik platform online. Untuk analisis eksternal, peneliti menggunakan analisis PEST, industri ini memiliki prospek yang baik dari segi faktor politik, sosial dan teknologi karena terdapat kesempatan yang sangat besar terhadap industri ini, selanjutnya analisis Porter, terdapat ancaman besar pada substitusi, pembeli, pendatang baru dan persaingan kompetitif. Untuk analisis internal, peneliti menggunakan sumber daya perusahaan dan VRIN. Hasil untuk internal, masih terdapat ketidakstabilan keuangan karena masih lebih banyak pengeluaran dari pendapatan, hal ini masih dapat diterima karena perusahaan baru berdiri kurang lebih 2 tahun, tingginya tingkat keluar masuk karyawan dan belum memiliki hak paten sehingga membuat pesaing dapat mudah masuk dan mereplikasi. Setelah itu hasilnya digunakan untuk analisa SWOT. Berdasarkan hasil analisa dan formulasi strategi, disarankan arah strateginya Tumbuh. Selanjutnya dari stretegi langsung diturunkan menjadi strategi fungsional, yang mencangkup bidang Pemasaran, Sumber Daya Manusia, Penelitian dan Pengembangan, Operasional, dan Finansial Untuk menangani kurangnya konektivitas antara para calon pengirim dengan para penyedia jasa logistic, PT. NAYAMA dengan teknologinya harus melakukan Penetrasi Pasar sebagai pilihan strategi yang paling optimal.