digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Vionna(29116417)_YP56C.pdf
PUBLIC Yose Ali Rahman

STRATEGI PEMASARAN USULAN UNTUK BARANG BERMEREK FASHION MEWAH BEKAS DI APLIKASI SELULER VIONNA ANGELICA NIM : 29116417 Program Magister, InstitutTeknologi Bandung, 2018 PembimbingThesis : Dr. Ir. MustikaSufiatiPurwanegara, M.Sc. ABSTRAK Pendahuluan - Dubois (1993) mengatakanbahwakemewahanidentikdenganpersepsikenyamanan, keindahan, dan gayahidupmewah. Jadi, definisimerek fashion mewahitusendiriadalahbarang yang memilikicitramerek dan dianggapsebagaisesuatu yang memilikikeunikan, kualitas, hedonis, mencolok, dan diperpanjangdiri dan bisamemberikankenyamanan, keindahan, dan gayahidupmewah (Vigneron dan Johnson, 2004) .Tampilan visual on line saatiniadalah salah satusaluranpemasaruntukmempromosikanproduk. Dalamhaleksklusivitas, terdapatbeberapasaluran yang telahdigunakan oleh pemasar, seperti situs web darimerekmewahitusendiri, Instagram, Facebook, danYoutube. Instagram dipilihkarenapenggunaan Instagram meningkatdariwaktukewaktu, terutama di Indonesia. Penelitianinidifokuskan pada barangmerek fashion mewahbekas di toko on line pada Instagram. Terdapat kenaikan industri fashion mewah bekas akan tetapi terdapat penurunan untuk online shop “X”. Penelitianawaleksploratifdilakukan dan dapatdisimpulkanbahwaakarpenyebabpenurunanpenjualanterjadikarenatampilan visual merek fashion mewah on line bekasbelumterlalumenarik. Tujuanpenelitianiniadalah untuk mengetahui penyebab penurunan penjualan “X” dan memberikan solusi untuk “X” berdasarkan penyebab tersebut. Metode – Metode yang digunakanadalahdesaineksperimen. Respondenpenelitianinidipilihmenggunakan sampling non-probabilitas, yaitujudgmental sampling. Penelitianinimenggunakanpelacakgerakan pupil mata, bernama Gaze Point yang ditujukan untuk konsumen potensial. Untukmendapatkan data eksperimenkuantitatif, responden minimum yang dibutuhkanadalah 39 orang (Pernice dan Nielsen, 2009). Penggunadiberikanpertanyaanlisan dan tes VALS, setelahmerekamenyelesaikaneksperimenmenggunakanpelacakmata. Penelitianinihanyadilakukanuntukkonsumen di Bandung. Respondenadalahperempuandenganpendapatanmenengahkeatas dan pernahmembelitas fashion mewahbekas dikarenakan persentase belanja wanita untuk barang mewah lebih tinggi daripada pria. Rangsanganindrapenglihatanakanmembuatpersepsiotomatisaktif dan menentukanapakahinformasimenarikatautidak. Wawancara juga dilakukan kepada konsumen loyal untuk mengetahui motivasi berbelanja di Online Shop “X”. Beberapasolusialternatifdibangunberdasarkanhasildesaineksperimen, gayahidupkonsumen, dan motivasi konsumen loyal. Solusi yang diajukankemudiandibuatmenjadirencanaimplementasi dan diberikankepadapemiliktoko on line tasmewahbekas “X”. Temuan – Penemuandaripenelitianiniyaitubarangbermerek fashion mewah on line bekassaatinisedangberkembangpesat. Responden yang lebih lama melihatsebuahfoto posting menunjukanbahwarespondencenderunglebihtertarik pada postinganitu. Promosi melalui foto posting dan motivasi konsumen merujuk pada perbaikan bauran pemasaran. Kata Kunci :Pemasaran on line, barang mahal bermerek, tasbermerekmewahbekas, eye tracking.