digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Lembaga Riset Euromonitor telah melakukan penelitian terhadap 150 juta konsumen Indonesia dengan memeriksa pembelian paket wisata secara online, menemukan bahwa ada 10.3 juta perjalanan wisata yang dilakukan oleh konsumen Indonesia pada tahun 2016. Ditemukan pula bahwa penjualan paket perjalanan wisata meningkat cukup signifikan sebesar 40 persen setiap tahun dari tahun 2011 hingga tahun 2016. Data tersebut menunjukkan adanya potensi yang besar untuk pasar paket perjalanan wisata di Indonesia. PT. Marga Tour sebagai salah satu perusahaan agen perjalanan wisata di Indonesia memiliki tujuan untuk meningkatkan penjualan atas produk mereka. Agar dapat mencapai target penjualan, maka Marga Tour perlu membuat strategi penawaran produk yang baik, hal ini perlu diimbangi dengan desain produk yang baik pula. Dalam rangka merancang produk yang baik, PT. Marga Tour perlu mengetahui dengan benar siapa target pasar yang dituju, sehingga desain produk serta strategi pemasaran yang disusun efektif. Dengan demikian perlu diteliti faktor apa saja yang menjadi pertimbangan dalam merancang produk paket wisata petualangan. Pada penelitian ini, analisis tabulasi silang dan analisis regresi linear berganda digunakan untuk mengetahui hubungan antara variabel karakteristik demografis terhadap dan variabel lainnya yang berpengaruh pada minat pembelian paket wisata petualangan. Hasil Penelitian menujukkan variabel durasi perjalanan, jumlah destinasi, dan harga memiliki hubungan yang signifikan terhadap minat pembelian, sedangkan variabel usia, pengeluaran/bulan, dan status pernikahan memiliki hubungan yang signifikan terhadap harga paket wisata yang dipilih. Hasil analisis menyimpulkan bahwa PT. Marga Tour sebaiknya fokus pada kelompok usia muda dan menawarkan harga paket yang terjangkau.