digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pertumbuhan e-commerce di Indonesia yang semakin meningkat membuat perusahaan berlomba-lomba untuk memberikan layanan yang terbaik. Salah satunya adalah Kudo, aplikasi telepon genggam yang menjembatani toko online dengan pembeli offline melalui agen. Berdasarkan hasil wawancara dengan 20 agen Kudo, terdapat 70% agen Kudo mengatakan bahwa Kudo sulit digunakan. Pengguna Kudo merasa harus sering beradaptasi terhadap Kudo karena Kudo melakukan pembaruan tiap 2 minggu sekali. Menurut nonpengguna Kudo, Kudo masih memiliki beberapa kesulitan untuk digunakan. Oleh karena itu, tujuan dilakukan penelitian ini adalah melakukan evaluasi usability agar dapat meningkatkan tingkat kemudahan dari penggunaan aplikasi Kudo. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan pendekatan performance metrics, self-reported metrics, dan issue-based metrics untuk menilai kinerja (efektivitas, efisiensi, dan jumlah kesalahan), persepsi, dan permasalahan yang dirasakan pengguna saat berinteraksi dengan aplikasi. Evaluasi ini juga ingin melihat apakah terdapat pengaruh pengalaman, umur, jenis kelamin, dan pendidikan pada penggunaan aplikasi. Berdasarkan hasil evaluasi, ditemukan perbedaan yang signifikan antarkelompok partisipan pengguna dan nonpengguna. Selain itu, penelitian ini menunjukkan nilai efektivitas tugas pembelian produk grosir untuk kategori nonpengguna sangat rendah, nilai yang rendah pada beberapa indikator kuesioner kepuasan pengguna, dan menemukan 31 jenis permasalahan usability. Penelitian ini menghasilkan 15 usulan perbaikan untuk tampilan halaman login, halaman utama, pembelian isi ulang pulsa, produk grosir, metode pembayaran, filter, iklan, dan halaman logout.