digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Sylvia Rosanno_29115433.pdf
PUBLIC Yose Ali Rahman

JENIUS merupakan produk jasa keuangan yang mengadopsi kemajuan teknologi dalam penerapannya, seiring dengan meningkatnya penggunaan perangkat teknologi komunikasi bergerak seperti ponsel. JENIUS yang diluncurkan bank BTPN membidik nasabah generasi muda, yang tentunya melek teknologi selular, sebagai sasarannya. Meski bukan pemain tunggal di industri yang relatif baru ini, JENIUS bisa dikatakan produk terbaik di bidang teknologi finansial karena memiliki tingkat bunga tertinggi untuk tabungan dan deposito tetap, yaitu 5% dan 6%. Berdasarkan survei APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) tahun 2017, terdapat 143,26 juta pengguna internet dimana 49,52 % diantaranya merupakan generasi muda yang merupakan target JENIUS. Sementara jumlah nasabah JENIUS sampai Juli 2017 baru mencapai angka kurang dari 200.000 nasabah dari 1 juta nasabah yang ditargetkan semula. Berdasarkan angka tersebut dapat dikatakan, JENIUS memiliki peluang cukup besar untuk menambah jumlah nasabah secara signifikan. Dalam survei tersebut juga tergambar karakteristik penggunaan layanan perbankan masih sangat rendah, yaitu 7,39% dari total pengguna internet, sementara penggunaan sosial media sangat mendominasi, yaitu 87,13%. Berdasarkan angka tersebut, dapat dikatakan edukasi dan kampanye lewat sosial media akan menjadi salah satu cara yang cukup efektif asalkan disampaikan melalui saluran dan cara yang tepat untuk membangun brand awareness yang merupakan permasalahan utama yang dihadapi JENIUS. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh JENIUS diperlukan kampanye above the line, through the line and below the line marketing campaign untuk membangun brand awareness dan mendidik generasi millenial. Kampanye ini mendorong generasi milenial mengenai manajemen keuangan pada kehidupan mereka yang lebih praktis, cerdas, dan lebih aman dengan menggunakan JENIUS sebagai mitra keuangan kehidupan mereka.