digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

CV. Mikraj Khazanah Ilmu (MKI) adalah perusahaan yang bergerak di bidang percetakan, penerbitan dan penjualan buku, khususnya Al Qur'an. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2008, di mana pada tahun 2010, Qur'an pertama diterbitkan yaitu Qur'an 20 baris “Ar-Razzaq”. Hingga saat ini CV. Mikraj Khazanah Ilmu (MKI) telah menerbitkan lebih dari 30 jenis Al-Qur’an dengan berbagai format, ukuran dan sampul. Ada beberapa potensi pasar ini, seperti kebutuhan Alquran yang belum terpenuhi. Potensi ini masih tinggi dan yang diprediksi akan terus bertambah. Selain itu, jumlah penerbit Al-Qur'an masih belum memenuhi kebutuhan komunitas Muslim di seluruh wilayah di Indonesia. Meskipun demikian, terjadi penurunan total penjualan data 2015-2016 dari CV. Mikraj Khazanah Ilmu. Selain itu, ada kecenderungan penurunan yang besar di beberapa produk. Oleh karena itu, penelitian ini mengusulkan strategi bisnis untuk membantu CV. MKI menemukan perumusan strategi bisnis dan mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini menggunakan berbagai alat dalam pemindaian lingkungan eksternal dan internal. Lingkungan eksternal dianalisis dengan analisis PEST dan analisis Porter Five Forces. Lingkungan internal melibatkan Analisis Model Bisnis dan Analisis Berbasis Sumber Daya. Metode penelitian dilakukan dengan wawancara dengan pemilik perusahaan bersamaan dengan observasi data perusahaan. Berdasarkan hasil analisis pada penelitian ini, diketahui bahwa ada beberapa masalah yang menjadi penyebab CV. MKI menghadapi situasi saat ini. Hal itu adalah kekurangan fungsi organisasi, sumber daya nyata yang terbatas, kurang efektifnya dalam perencanaan strategis dan ketergantungan pada distributor sebagai perantara penjual. Menggunakan hasil Analisis SWOT, posisi saat ini dari CV. MKI dapat didefinisikan dengan menghitung IFAS, EFAS, dan SFAS. Hasil dari SFAS yang diambil dari matriks AHP akan menjadi dasar untuk analisis strategi perusahaan. Dengan menggunakan Matriks IE dan Matrik Grand Strategy, posisi bisnis saat ini dari CV. MKI adalah tumbuh dan membangun. Strategi bisnis CV. MKI yang dipilih adalah strategi diferensiasi yang berfokus pada pengembangan varian baru dari naskah 20-baris yang dimiliki perusahaan. Rencana beberapa program implementasi yang diusulkan dibagi kedalam penetrasi pasar, untuk jangka pendek (seperti meningkatkan aktivitas tenaga penjualan), dan pengembangan produk, untuk jangka menengah (seperti mengembangkan varian Quran 20-baris yang baru untuk pelanggan atau acara yang lebih spesifik dan menciptakan produk khusus yang menggabungkan produk quran dengan produk terkait lainnya).