Restoran Ayam Geprek Bebas saat ini sedang menghadapi kesulitan dalam hal menyediakan penyediaan servis yang lebih baik, terutama dalam system antrian untuk pembeli. Saat ini, berdasarkan observasi , restoran ini memiliki rata – rata waktu antrian berkisar 20 – 25 menit, pada saat jam sibuk. Padahal, berdasarkan wawancara dan observasi, prosedur standar operasi restoran dan keinginan pembeli meminta waktu antrian berkisar kurang dari 15 menit, di jam sibuk (12 PM – 2 PM & 4 PM – 8 PM).
Oleh karena itu, analisa sistem antrian diadakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Analisa sistem antrian mencakup teori antrian, penggambaran model proses bisnis yang restoran gunakan, analisa six sigma, control chart, yang berfungsi untuk mencari solusi dari permasalahan yang ada. Analisa sistem antrian akan menggunakan BPMN untuk menggambarkan model bisnis restoran dan Minitab Software untuk mendefinisikan tahap pengukuran pada analisa six sigma.
Data masukan yang didapat dari pengumpulan data, diantaranya kuisoner, wawancara, dan observasi, akan diverifikasi dan divalidasi sebelum digunakan sebagai data utama untuk penelitian. Tugas akhir ini diharapkan dapat meningkatkan performa Restoran Ayam Geprek Bebas.
Perpustakaan Digital ITB