digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

S-Fitness adalah sebuah klub olahraga atau tempat fitness khusus untuk muslimah yang didirikan pada tahun 2016. S-Fitness berlokasi di Cihampelas, Bandung. Memasuki tahun ketiganya, S-Fitness mengalami tingkat retensi yang sangat rendah yaitu hanya 15%. Selebihnya tidak melakukan perpanjangan masa keanggotaan atau menjadi churner Perancangan strategi untuk meretensi pelanggan dilakukan dengan membangun model prediksi anggota churner. Penelitian ini membandingkan dua model yaitu logistic regression dan decision tree. Digunakan data dari 352 anggota dari periode Januari – Spetmber 2017 dan Januari – Februari 2018 dengan melibatkan enam variabel input. Model decision tree ditemukan tidak efektif untuk pembangunan model menggunakan unbalanced sample karena hanya mengelompokkan sampel pada satu target. Model regresi logistik menunjukkan empat dari enam variabel signifikan yaitu harga, frekuensi kedatangan, pilihan durasi keanggotaan, dan penggunaan promosi. Dua variabel lainnya yaitu usia dan status pernikahan yang merupakan variabel sosio-demografik ditemukan tidak signifikan. Model digunakan untuk menghitung probabilitas churn anggota periode Maret – Mei 2018 dan menentukan target dari promosi untuk retensi pelanggan. Berdasarkan informasi mengenai variabel yang signifikan dihasilkan usulan strategi berupa pesan pengingat kedatangan dan penyelenggaraan acara komunitas SFitness. Keduanya dirancang untuk meningkatkan frekuensi kedatangan anggota.