Museum store memiliki peran yang cukup penting dalam sebuah museum. Bukan
lagi hanya sebagai aspek pelengkap, namun museum store sudah menjadi bagian
yang ditunggu dari suatu kunjungan museum oleh para pengunjung. Museum store
tidak hanya berperan sebagai pendukung economic needs untuk sebuah museum,
namun juga menjadi ekstensi sebagai media edukasi dari sebuah museum. Museum
Geologi sebagai salah satu museum dengan jumlah pengunjung tertinggi di
Indonesia secara kontinyu melakukan inovasi dalam pengembangan sarana. Salah
satu pengembangan yang akan dilakukan adalah Geo Museum Store sebagai
museum store. Museum store sebelumnya tidak berjalan efektif baik secara bisnis
dan konten edukasi, maupun desain.
Perancangan ini dimaksudkan untuk menciptakan merchandise yang efektif untuk
museum store sesuai dengan konten museum dan kebutuhan pengunjung.
Perancangan visual merchandise untuk museum store ini dilakukan dengan teori
design thinking.
Hasil dari perancangan ini dapat memberikan kontribusi pada aspek edukasi dan
aspek ekonomi. Implementasi pada museum store diharapkan dapat menjadikan
museum store efektif sebagai ekstensi dari Museum Geologi.