digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Salah satu cara untuk meningkatkan kinerja suatu persimpangan yang sibuk adalah dengan membangun flyover dan/atau underpass. Adanya flyover ini dapat menga- lihkan sebagian arus kendaraan yang datang. Pada tugas akhir ini akan digunakan studi kasus persimbangan Buah Batu - Kiaracondong di Bandung. Dengan for- mula Webster serta data arus kendaraan pada masing- masing ruas jalan, dapat ditentukan siklus optimum lampu lalu lintas di kedua persimpangan. Selanjut- nya, perlu dilakukan kajian awal guna mengetahui efektivitas desain flyover yang sesuai. Melalui perhitungan tundaan rata-rata serta panjang antrian untuk tiap ruas jalan, diperoleh dua rekomendasi pembangunan flyover/underpass. Selanjutnya un- tuk masing-masung rekomendasi, dilakukan simulasi panjang antrian menggunakan model kinematik dengan fungsi fluks Greenberg. Hasil simulasi panjang antrian menunjukkan efektivitas dari rekomendasi yang diajukan.