Brand jam tangan mewah sedang mengalami perubahan dan dampak signifikan yang
ditimbulkan oleh media sosial dalam menjalankan kegiatan marketing mereka untuk
memperkenalkan brandnya ke pasar. Hubungan antara media sosial dan brand jam tangan
mewah bermula dengan sebuah keraguan dikarenakan perbedaan karakteristik di
antaranya. Namun, peluang besar yang dibawa oleh media sosial bukanlah sesuatu yang
dapat diabaikan. Hal tersebut memungkinkan brand jam tangan mewah untuk menjangkau
customernya tanpa batasan waktu dan jarak dengan biaya yang lebih murah. Riset ini
bertujuan untuk mencari tau bagaimana sebaiknya brand jam tangan mewah menggunakan
media sosialnya, terutama Instagram, sebagai salah satu alat marketing dan pengaruhnya
terhadap relasi dengan customer serta minat pembeliannya. Hal tersebut akan dilakukan
dengan menggunakan analisis PLS-SEM untuk menilai siginifikansi dan melakukan
analisis konten penggunaan Instagram dari lima brand jam tangan mewah untuk
mendapatkan pengetahuan sebagai dasar rekomendasi strategi. Peneliti menggunakan nilai
dan atribut brand mewah dari penelitian sebelumnya. Media sosial meliputi entertainment,
customization, interaction, word of mouth, dan trend, relasi dengan customer meliputi trust
dan intimacy. Sementara itu, nilai-nilai yang digunakan untuk analisis konten adalah nilai
fungsional, hedonik, simbolik, finansial, dan relasional. Hasil menunjukkan bahwa ada
hubungan positif antara marketing media sosial, relasi dengan customer, dan minat
pembelian. Selain itu, nilai simbolik dan hedonik merupakan konten yang paling menarik
bagi customer sementara nilai relasional menunjukkan potensi walau belum
diimplementasikan secara sering oleh semua brand. Riset ini diharapkan dapat memberi
informasi bagi brand jam tangan mewah mengenai marketing media sosial, terutama
Instagram, dan memaksimalkan penggunaannya.
Perpustakaan Digital ITB