digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Brand jam tangan mewah sedang mengalami perubahan dan dampak signifikan yang ditimbulkan oleh media sosial dalam menjalankan kegiatan marketing mereka untuk memperkenalkan brandnya ke pasar. Hubungan antara media sosial dan brand jam tangan mewah bermula dengan sebuah keraguan dikarenakan perbedaan karakteristik di antaranya. Namun, peluang besar yang dibawa oleh media sosial bukanlah sesuatu yang dapat diabaikan. Hal tersebut memungkinkan brand jam tangan mewah untuk menjangkau customernya tanpa batasan waktu dan jarak dengan biaya yang lebih murah. Riset ini bertujuan untuk mencari tau bagaimana sebaiknya brand jam tangan mewah menggunakan media sosialnya, terutama Instagram, sebagai salah satu alat marketing dan pengaruhnya terhadap relasi dengan customer serta minat pembeliannya. Hal tersebut akan dilakukan dengan menggunakan analisis PLS-SEM untuk menilai siginifikansi dan melakukan analisis konten penggunaan Instagram dari lima brand jam tangan mewah untuk mendapatkan pengetahuan sebagai dasar rekomendasi strategi. Peneliti menggunakan nilai dan atribut brand mewah dari penelitian sebelumnya. Media sosial meliputi entertainment, customization, interaction, word of mouth, dan trend, relasi dengan customer meliputi trust dan intimacy. Sementara itu, nilai-nilai yang digunakan untuk analisis konten adalah nilai fungsional, hedonik, simbolik, finansial, dan relasional. Hasil menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara marketing media sosial, relasi dengan customer, dan minat pembelian. Selain itu, nilai simbolik dan hedonik merupakan konten yang paling menarik bagi customer sementara nilai relasional menunjukkan potensi walau belum diimplementasikan secara sering oleh semua brand. Riset ini diharapkan dapat memberi informasi bagi brand jam tangan mewah mengenai marketing media sosial, terutama Instagram, dan memaksimalkan penggunaannya.