Awani Studento adalah sebuah kawasan kost terpadu di Jatinangor yang memiliki 277 kamar
yang tersedia untuk disewakan dengan harga yang bervariasi sesuai dengan fasilitas dan
ukuran kamar. Ini adalah kost terpadu pertama yang beroperasi di Jatinangor, yang berada
didekat universitas ternama seperti UNPAD, ITB, IKOPIN dan STPDN.
Isu utama yang dihadapi oleh Awani Studento adalah bagaimana bersaing di bisnis kost
dengan melakukan analisis SWOT, bagaimana mempertahankan tingkat hunian yang tinggi
di atas 90% dan bagaimana menjadi top of mind ( top 5 ) setiap kali seseorang mencari kost
di Jatinangor.
Tugas akhir ini bertujuan untuk menemukan strategi kreatif terbaik yang bisa digunakan untuk
mempertahankan tingkat hunian yang tinggi. Menjadi kost terpadu pertama ada keuntungan
dan kerugian. Jadi perusahaan harus fokus pada keuntungan dengan menunjukkan
pelayanan yang terbaik, selalu berada satu langkah di depan dari pesaing lain.
Metodologi yang digunakan meliputi analisis faktor eksternal yaitu PEST analysis, market
analysis, dan Porter’s 5 forces , dan faktor internal: Analisis SWOT, Analisis bauran
pemasaran 7 P, Segmentasi,Targeting dan Positioning. Pengumpulan data dengan
menggunakan kuesioner, yang dibagikan secara acak kepada 151 responden dari
mahasiswa saat ini yang menyewa kamar di Awani Studento.
Solusi yang ditemukan dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :
1. Strategi perbaikan: merancang media promosi yang up to date, mengambil foto berkualitas
tinggi, melakukan pelatihan dan evaluasi sumber daya manusia
2. Strategi saat ini: Memperhatikan lebih banyak alat pemasaran modern mengenai promosi
media sosial, memperkuat identitas merek dengan menerapkan tanda neon baru dan segar,
menambahkan 2 staf keamanan lagi dan mengubah ISP dari Indosat ke Indi Home
3. Strategi masa depan: Bergerak ke pusat kebugaran yang lebih besar dan menambahkan
alat yang lebih lengkap, menyediakan area komunal yang lebih besar dan mempekerjakan
tempat parkir Yamaha dan Honda di malam hari.
Tugas akhir ini bertujuan untuk menemukan beberapa strategi yang dapat memberikan nilai
kepuasan pelanggan yang baik dan dapat menjaga tingkat hunian tetap tinggi. Yang
terpenting adalah beberapa ide yang diajukan bisa segera dilaksanakan tanpa harus
mengeluarkan banyak uang dan itu bukan sekedar teori.