digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Martono 29115004.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Alice Diniarti

Awani Studento adalah sebuah kawasan kost terpadu di Jatinangor yang memiliki 277 kamar yang tersedia untuk disewakan dengan harga yang bervariasi sesuai dengan fasilitas dan ukuran kamar. Ini adalah kost terpadu pertama yang beroperasi di Jatinangor, yang berada didekat universitas ternama seperti UNPAD, ITB, IKOPIN dan STPDN. Isu utama yang dihadapi oleh Awani Studento adalah bagaimana bersaing di bisnis kost dengan melakukan analisis SWOT, bagaimana mempertahankan tingkat hunian yang tinggi di atas 90% dan bagaimana menjadi top of mind ( top 5 ) setiap kali seseorang mencari kost di Jatinangor. Tugas akhir ini bertujuan untuk menemukan strategi kreatif terbaik yang bisa digunakan untuk mempertahankan tingkat hunian yang tinggi. Menjadi kost terpadu pertama ada keuntungan dan kerugian. Jadi perusahaan harus fokus pada keuntungan dengan menunjukkan pelayanan yang terbaik, selalu berada satu langkah di depan dari pesaing lain. Metodologi yang digunakan meliputi analisis faktor eksternal yaitu PEST analysis, market analysis, dan Porter’s 5 forces , dan faktor internal: Analisis SWOT, Analisis bauran pemasaran 7 P, Segmentasi,Targeting dan Positioning. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner, yang dibagikan secara acak kepada 151 responden dari mahasiswa saat ini yang menyewa kamar di Awani Studento. Solusi yang ditemukan dibagi menjadi 3 bagian, yaitu : 1. Strategi perbaikan: merancang media promosi yang up to date, mengambil foto berkualitas tinggi, melakukan pelatihan dan evaluasi sumber daya manusia 2. Strategi saat ini: Memperhatikan lebih banyak alat pemasaran modern mengenai promosi media sosial, memperkuat identitas merek dengan menerapkan tanda neon baru dan segar, menambahkan 2 staf keamanan lagi dan mengubah ISP dari Indosat ke Indi Home 3. Strategi masa depan: Bergerak ke pusat kebugaran yang lebih besar dan menambahkan alat yang lebih lengkap, menyediakan area komunal yang lebih besar dan mempekerjakan tempat parkir Yamaha dan Honda di malam hari. Tugas akhir ini bertujuan untuk menemukan beberapa strategi yang dapat memberikan nilai kepuasan pelanggan yang baik dan dapat menjaga tingkat hunian tetap tinggi. Yang terpenting adalah beberapa ide yang diajukan bisa segera dilaksanakan tanpa harus mengeluarkan banyak uang dan itu bukan sekedar teori.