
2017 TS PP Desmauli Pariangan 1-ABSTRAK .pdf
PUBLIC Open In Flip Book Ena Sukmana Ringkasan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui visibilitas, pengaruh penggunaan perangkat pembelajaran Fisika terhadap penguasaan konsep siswa dan tanggapan siswa terhadap perangkat praktikum Teori Kinetik Gas. Pengembangan perangkat pembelajaran disesuaikan untuk diaplikasikan dalam tahapan Inkuiri Pedaste pada pembelajaran Fisika untuk materi Teori Kinetik Gas. Dalam pembelajaran berbasis Inkuiri peserta didik mendapatkan kesempatan untuk melakukan penyelidikan nyata, yaitu: identifikasi masalah untuk menyelesaikan masalah. Model pembelajaran Inkuiri Pedaste memiliki tahapan : 1) Observasi, 2) Konseptual, 3) Investigasi, 4) Kesimpulan, 5) Diskusi. Kit dan LKS Teori kinetik gas dikembangkan untuk digunakan dalam tahapan observasi, konseptual dan investigasi. Sementara video pembelajaran digunakan sebagai alternatif pada proses remedial. Dengan disertai video pembelajaran diharapkan di akhir pembelajaran seluruh siswa dapat mencapai kemampuan kognitif memahami (C2) Taksonomi Bloom pada kemampuan minimal dan juga dapat memfasilitasi siswa yang memiliki kemampuan kognitif yang baik untuk mencapai kemapuan kognitif maksimum mencipta (C6) Taksonomi Bloom. Berdasarkan data angket diketahui bahwa perangkat praktikum sangat membantu tahapan pemahaman dan motivasi belajar siswa.