digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800


COVER ALFREDO BASTIAN JEREMIA (NIM: 15013003)
Terbatas  cecep hikmat
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 ALFREDO BASTIAN JEREMIA (NIM: 15013003)
Terbatas  cecep hikmat
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 ALFREDO BASTIAN JEREMIA (NIM: 15013003)
Terbatas  cecep hikmat
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 ALFREDO BASTIAN JEREMIA (NIM: 15013003)
Terbatas  cecep hikmat
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 ALFREDO BASTIAN JEREMIA (NIM: 15013003)
Terbatas  cecep hikmat
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 ALFREDO BASTIAN JEREMIA (NIM: 15013003)
Terbatas  cecep hikmat
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 6 ALFREDO BASTIAN JEREMIA (NIM: 15013003)
Terbatas  cecep hikmat
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA ALFREDO BASTIAN JEREMIA (NIM: 15013003)
Terbatas  cecep hikmat
» Gedung UPT Perpustakaan

Abstrak: Terminal Bus Purabaya merupakan salah satu terminal terbesar di Asia Tenggara. Lokasinya yang cukup strategis membuat terminal ini ramai digunakan oleh masyarakat yang berasal dari Jawa Timur ataupun yang akan menuju Jawa Timur. Demand yang terus meningkat membuat perlu adanya pengembangan gedung terminal tersebut terkait dengan peningkatan daya tampung dan perbaikan fasilitas Dalam proyek Terminal Bus Purabaya, terdapat beberapa aspek yang harus dianalisis. Salah satu dari aspek tersebut adalah aspek transportasi. Pada proyek ini, aspek transportasi yang dianalisis adalah terkait demand bus dan penumpang, evaluasi terkait kapasitas dan fasilitas, kebutuhan parkir agar sesuai dengan demand, dan desain perkerasan jalan untuk terminal maupun parkiran. Proyeksi demand dilakukan pada tahun 2035. Metoda yang digunakan untuk proyeksi demand adalah analisis regresi linear. Kapasitas yang ditinjau hanya pada saat jam sibuk. Standar yang digunakan adalah Peraturan Menteri Perhubungan, Standar Kementrian Pekerjaan Umum, dan SNI. Berdasarkan hasil analisis aspek transportasi tersebut, diperoleh demand kedatangan & keberangkatan bus kota sebesar 302947 bus/tahun & 365739 bus/tahun, demand kedatangan & keberangkatan bus antar kota sebesar 1092266 bus/tahun & 1576332 bus/tahun. Sedangkan untuk penumpang, kedatangan & keberangkatan penumpang bus kota adalah 14322080 penumpang/tahun & 10222268 penumpang/tahun. Untuk penumpang bus antar kota, kedatangan & keberangkatan penumpang yaitu 27249240 penumpang/tahun & 24625152 penumpang/tahun. Berdasarkan desain, kapasitas terminal tidak cukup untuk menampung penumpang bus kota. Fasilitas yang didesain rata-rata sudah mencukupi, namun ada beberapa yang perlu dievaluasi, seperti ketersediaan ruang hijau. Analisis aksesibilitas pada terminal sudah baik, hanya saja perlu ada pengaturan lebih lanjut. Kapasitas parkir yang didesain tidak mencukupi karena demand yang cukup tinggi. Perkerasan yang digunakan adalah perkerasan kaku dengan tulangan dan tebal beton 22 cm.