digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK: Banyak ibu-ibu mendandani anak mereka, kemudian memotret mereka serta mengunggahnya ke media sosial. The Little Harper ingin menangkap fenomena tersebut untuk bisnis mereka. Oleh karena itu, mereka menjual produk mereka secara online melalui media sosial. Bisnis secara online tidak mudah untuk dilakukan, terutama toko online baru. The Little Harper harus menghadapi masalah, seperti kurangnya kesadaran merek, kurangnya kepercayaan dari konsumen, serta bersaing dengan toko online lain. Sebuah penelitian sudah dilakukan terhadap ibu-ibu yang mempunyai anak dengan usia antara 0 – 5 tahun. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pendapat dan kebiasaan mereka ketika membeli sepatu untuk anak mereka. Sebuah analisis statistik digunakan untuk membantu mencari solusi terbaik untuk memecahkan masalahThe Little Harper. Pertama, analisis cluster dilakukan untuk mengelompokkan 102 individual menjadi 3 cluster dari 29 variabel yang ada. Kedua, analisis tabulasi silang digunakan untuk mengetahui cluster mana yang mempunyai banyak responden berdasarkan umur, tingkat pendidikan, pekerjaan, dan pengeluaran bulanan. Berdasarkan analisis tabulasi silang,cluster 1 adalah cluster yang terpilih dari 3 cluster yang ada. Langkah terakhir, analisis diskriminan dilakukan untuk memilih variabel mana yang mempunyai pengaruh terhadap intensitas pembelian dari konsumen The Little Harper. Hasil dari analisis diskriminan akan menjadi target dari The Little Harper untuk menarik target pasar mereka. Selain itu, profil konsumen dari target pasar juga dibutuhkan oleh The Little Harper. Profil konsumen ini hanya berdasarkan cluster 1 sebagai cluster terpilih. Setelah itu, rumusan positioning harus dibuat untuk membuat merek The Little Harper berbeda dengan yang lainnya dan mempunyai gambaran tertentu di pikiran konsumen mereka. Untuk meningkatkan kepercayaan konsumen, The Little Harper akan membuat fasilitas pengembalian dan metode pembayarannya hanya melalui transfer antar rekening bank. Untuk meningkatkan kesadaran merek, The Little Harper akan menggunakan endorsemen selebriti, melakukan promosi penjualan, dan memasang iklan di media cetak. Kata Kunci: strategi pemasaran, analisis cluster, analisis diskriminan, alas kaki anak, sepatu