SMS semula hanyalah merupakan layanan yang bersifat komplementer
terhadap dua layanan utama sistem GSM yaitu layanan suara dan data. Namun
karena keberhasilan SMS yang tidak terduga, dengan ledakan pelanggan yang
mempergunakannya, menjadikan SMS sebagai bagian integral dari layanan
sistem.
Laporan tugas akhir ini meneliti tingkat keberhasilan dari setiap operasi
yang berhubungan dengan proses pengiriman SMS internasional suatu operator
telekomuniasi di Indonesia , dan juga penyebab kegagalan pengiriman SMS ke
pelanggan tujuan. Perhitungan Quality of Service (QoS) untuk layanan SMS telah
dilakukan dengan mengacu pada rekomendasi ETSI.
Dari hasil perhitungan, didapatkan bahwa tingkat keberhasilan pelanggan
terdaftar ke jaringan baru adalah 69,35% , melakukan autentikasi ke jaringan asal
95,99 % , melakukan pengiriman SMS ke SMSC 50,67 %. Untuk penentuan rute
pengiriman SMS didapatkan tingkat keberhasilan sebesar 86,80 % , dan tingkat
keberhasilan melakukan pengiriman ke MSC tujuan adalah sebesar 66,54 %. Dari
hasil perhitungan Quality of Service (QoS) , didapatkan bahwa tingkat
keberhasilan pelanggan dapat menggunakan layanan SMS setelah terdaftar ke
jaringan adalah 50,67 %, dan waktu yang diperlukan untuk pengiriman sampai ke
SMSC adalah 0,79 detik.Sedangkan untuk tingkat keberhasilan pengiriman dari
SMSC ke MSC tujuan adalah 66,54 % dengan waktu yang dibutuhkan 8,84 detik.