digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

SMS semula hanyalah merupakan layanan yang bersifat komplementer terhadap dua layanan utama sistem GSM yaitu layanan suara dan data. Namun karena keberhasilan SMS yang tidak terduga, dengan ledakan pelanggan yang mempergunakannya, menjadikan SMS sebagai bagian integral dari layanan sistem. Laporan tugas akhir ini meneliti tingkat keberhasilan dari setiap operasi yang berhubungan dengan proses pengiriman SMS internasional suatu operator telekomuniasi di Indonesia , dan juga penyebab kegagalan pengiriman SMS ke pelanggan tujuan. Perhitungan Quality of Service (QoS) untuk layanan SMS telah dilakukan dengan mengacu pada rekomendasi ETSI. Dari hasil perhitungan, didapatkan bahwa tingkat keberhasilan pelanggan terdaftar ke jaringan baru adalah 69,35% , melakukan autentikasi ke jaringan asal 95,99 % , melakukan pengiriman SMS ke SMSC 50,67 %. Untuk penentuan rute pengiriman SMS didapatkan tingkat keberhasilan sebesar 86,80 % , dan tingkat keberhasilan melakukan pengiriman ke MSC tujuan adalah sebesar 66,54 %. Dari hasil perhitungan Quality of Service (QoS) , didapatkan bahwa tingkat keberhasilan pelanggan dapat menggunakan layanan SMS setelah terdaftar ke jaringan adalah 50,67 %, dan waktu yang diperlukan untuk pengiriman sampai ke SMSC adalah 0,79 detik.Sedangkan untuk tingkat keberhasilan pengiriman dari SMSC ke MSC tujuan adalah 66,54 % dengan waktu yang dibutuhkan 8,84 detik.