digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Persaingan bisnis kartu kredit di dunia perbankan semakin ketat ditandai semakin banyaknya lembaga penerbit kartu kredit. Berbagai strategi yang berorientasi kepada konsumen ditawarkan oleh semua pemain dalam industri kartu kredit. Strategi promosi seperti diskon, bonus, voucher dan sebagainya ditawarkan sebagai bagian dari promosi kartu kredit. Lambat laun kartu kredit menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Pertumbuhan kartu kredit semakin meningkat setiap tahun, begitu juga dengan belanja iklan dari pihak penerbit kartu kredit. Strategi promosi yang diterapkan semakin serupa dengan kompetitor. Bank X sebagai salah satu pemain dalam industri tersebut diharapkan dapat menemukan strategi promosi apa yang bisa diterapkan untuk tetap bertahan dalam persaingan bisnis kartu kredit. Pemecahan masalah dilakukan dengan melakukan analisa eksternal dan internal serta strategi promosi yang dilakukan bank X saat ini. Interview terhadap pihak bank X serta nasabah dilakukan untuk menemukan masalah. Kurang optimalnya pertumbuhan kartu kredit bank X merupakan permasalahan dalam penelitian ini. Penelitian ini juga didukung dengan riset kuesioner terhadap pengguna serta bukan pengguna kartu kredit bank X. Analisa terhadap pengguna kartu kredit bank X menggunakan analisa kesenjangan sedangkan analisa terhadap bukan pengguna menggunakan analisa tingkat kepentingan. Analisa dilakukan untuk melihat kekurangan dan ekspektasi konsumen terhadap kartu kredit bank X. Setelah dilakukan analisa didapatkan strategi promosi selanjutnya yang bisa diterapkan oleh kartu kredit bank X. Strategi promosi tersebut dibuat berdasarkan variabel bauran promosi yang terdiri dari periklanan, promosi penjualan, pemasaran langsung, penjualan pribadi, pemasaran interaktif atau internet dan publisitas dan hubungan masyarakat. Akhir dari penelitian ini difokuskan kepada implementasi strategi promosi untuk mencapai tujuan bank X yaitu meningkatkan pertumbuhan jumlah kartu kreditnya dan bertahan dalam persaingan bisnis kartu kredit.