digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Keamanan dan kenyamanan menjadi faktor penting dalam sistem transportasi kereta api. Salah satu hal yang mempengaruhi kedua faktor diatas adalah sistem suspensi. Pendekatan model yang akan digunakan dalam mendesain pengontrol pada suspensi kereta api berupa sistem elastis dengan tiga tumpuan massa dan enam titik gerak bebas. Pada tugas akhir ini membahas aplikasi kontrol H∞ dalam mendesain kontrol aktif pada suspensi kereta api. Tujuan kontrol aktif ini adalah untuk meredam getaran yang terjadi pada kereta api akibat adanya gangguan berupa pergerakan pada rel kereta api. Salah satu kelebihan kontrol H∞ adalah lebih tegar terhadap ketidakpastian yang muncul dalam sistem. Kinerja pengontrol aktif H∞ dapat dilihat dari grafik respon impulse dan grafik bode plot. Dari hasil simulasi dapat disimpulkan bahwa kinerja kontrol aktif H∞ lebih baik dibandingkan dengan kinerja dari kontrol pasif.