digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Capacitated green vehicle routing problem (CGVRP) adalah kelanjutan dari green vehicle routing problem (GVRP). Permasalahan CGVRP fokus pada aspek lingkungan dan ekonomi yaitu dengan cara menentukan rute secara efektif guna memenuhi kepentingan ramah lingkungan dan demand dari pelanggan. Model matematika CGVRP disusun dalam bentuk mixed integer linear program (MILP). Tujuan dari CGVRP adalah meminimasi total perjalanan dengan mempertimbangkan penggunaan bahan bakar alternatif. Eksperimen numerik dan analisa sensitivitas dilakukan berdasarkan instance dari Erdoğan and Miller-Hooks (2012) dengan demand yang diciptakan secara random. Hasil eksperimen numerik menunjukkan algoritma SA mampu mendapatkan hasil yang baik dengan waktu yang rasional. Kendaraan dengan kapasitas kecil akan meningkatkan total perjalanan sampai dengan 35%. Analisa sensitivitas menunjukkan kapasitas kendaraan berpengaruh terhadap total jarak perjalanan. Untuk kendaraan dengan kapasitas yang sangat besar mampu mengurangi total perjalanan. Selain itu analisa sensitivitas juga mampu menunjukkan jumlah pompa bensin alternatif yang harus tersedia dalam melayani pelanggan.