Pengembangan komunikasi pemasaran integrasi pada perusahaan telekomunikasi yang berbasis pola bisnis korporasi atau business to business dirasakan sangat penting untuk lebih dikembangkan terutama menghadapi perkembangan tingkat kompetisi yang semakin keras dengan homogenitas produk dan layanan yang ditawarkan oleh para kompetitor.
Dalam menyikapi keadaan tersebut perlu dibentuk suatu strategi komunikasi pemasaran integrasi yang dapat menciptakan tingkat kepercayaan pasar, menciptakan suatu pola pikir pengurangan resiko pengambilan keputusan dan dapat lebih mempercepat proses pengambilan keputusan pembelian tersebut.
PT. Multimedia Nusantara SBU Metrasat perlu untuk segera melakukan suatu strategi komunikasi pemasaran integrasi sehingga dalam melakukan kegiatan bisnisnya dapat memiliki beberapa nilai tambah yang akan mempengaruhi pendapatan yang diperolehnya. Hal ini didasari oleh hasil survey yang menyebutkan bahwa tingkat pengetahuan pasar terhadap merek SBU Metrasat sangat kecil yaitu hanya 18%. Hal ini sangat berpengaruh pada bagaimana pasar merespon suatu proyek yang berhubungan dengan inti bisnis SBU Metrasat atau bagaimana pasar menilai kompetensi SBU Metrasat dalam melakukan suatu pekerjaan. Dengan tingkat pengetahuan yang baik dan persepsi serta asosiasi positif yang terbentuk di pasar akan membuat respon penerimaan pasar terhadap nilai perusahaan menjadi baik.
Dalam Tugas Akhir ini, dilakukan penelitian mengenai tingkat pengetahuan pasar, persepsi, asosiasi dan loyalitas yang terbentuk di pasar terhadap merek SBU Metrasat.
Keempat hasil penelitian parameter tersebut akan dikembangkan menjadi suatu solusi komunikasi pemasaran integrasi yang tidak hanya tetap memperhitungkan pola bisnis SBU Metrasat yang bersifat business to business tetapi juga memperhitungkan kemungkinan dikembangkannya pola bisnis yang bersifat business to customer.
Rencana implementasi komunikasi pemasaran integrasi yang dikembangkan terdiri dari tiga bagian besar yaitu bagian pengenalan, bagian bagian asosiasi dan persepsi dan
bagian keputusan pembelian. Rencana implementasi tersebut diproyeksikan dapat dilakukan pada bulan Juni 2011 sampai pada bulan Juli 2012. Rekomendasi yang dapat
diberikan adalah agar SBU Metrasat dapat lebih mengembangan potensi komunikasi pemasaran integrasi yang bersifat intangible untuk dapat mendukung kegiatan pemasaran serta menciptakan nilai lebih pada citra yang terbentuk di pasar.