digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pada tugas akhir ini dilakukan perancangan algoritma call center operator telekomunikasi dengan menggunakan Interactive Voice Response serta prinsip Erlang B dan Erlang C. Perancangan algoritma ini bertujuan untuk membuat model call center yang bisa digunakan di operator telekomunikasi. Algoritma yang dirancang diimplementasikan dalam software Matlab 2007. Proses pengujian algoritma ini dilakukan dengan dua cara. Cara yang pertama adalah dengan menggunakan algoritma call center tersebut untuk menganalisis kinerja suatu call center yang diketahui kapasitasnya. Cara yang kedua adalah menggunakan algoritma call center tersebut untuk merencanakan suatu call center operator kecil, sedang, dan besar. Pada model yang dibuat tersebut input yang digunakan adalah beban trafik, GoS, service time di setiap bagian, dan ratio trafik. Sedangkan outputnya adalah kapasitas saluran tiap bagian, kemungkinan suatu panggilan menunggu, dan panjang buffer. Penelitian lebih lanjut tentang perancangan algoritma call center bisa dilakukan dengan cara mencari efisiensi dari algoritma dan implementasi dalam bentuk aplikasi yang siap pakai.