digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2010 TA HARIS YUANA 1-COVER.pdf


2010 TA HARIS YUANA 1-BAB 1.pdf

2010 TA HARIS YUANA 1-BAB 2.pdf

2010 TA HARIS YUANA 1-BAB 3.pdf

2010 TA HARIS YUANA 1-BAB 4.pdf

2010 TA HARIS YUANA 1-PUSTAKA.pdf

Video game biasanya dibuat dengan mikrokontroler dengan prosesor tunggal. Seiring perkembangan teknologi, saat ini telah diciptakan mikrokontroler berprosesor (cog) delapan, yaitu Parallax Propeller. Mikrokontroler jenis ini tentunya dapat diimplementasikan menjadi video game dengan lebih mudah dibanding menggunakan mikrokontroler konvensional yang ada. Oleh karena itu, dalam laporan Tugas Akhir (TA) ini penulis memilih judul “Implementasi Video Game Menggunakan Mikrokontroler Parallax Propeller”. Dalam laporan ini penulis akan membahas mengenai bagaimana implementasi video game menggunakan mikrokontroler Parallax Propeller, dan bagaimana perancangan hardware dan softwarenya. Untuk mencapai tujuan dalam mengetahui bagaimana implementasi video game menggunakan Parallax Propeller dan bagaimana perancangan hardware dan software, maka penulis berusaha memperoleh data dengan studi kepustakaan dan observasi lapangan. Berdasarkan informasi yang diperoleh kemudian dilanjutkan dengan melakukan eksperimen. Hasil eksperimen akan dicatat dan dievaluasi lebih lanjut hingga diperoleh hasil yang sesui dengan tujuan penulis. Implementasi video game dapat dilakukan dengan menggunakan mikrokontroler Parallax Propeller. Kualitas gambar yang dihasilkan mirip dengan video game dua dimensi lainnya. Mikrokontroler Parallax Propeller ini mudah digunakan untuk mengatasi pemrograman yang sering membutuhkan interupsi. Bahasa pemrogramannya mudah dipelajari dan mendukung Object Oriented Programming (OOP). Namun besarnya program dan kinerja prosesor-prosesornya sangat bergantung dan dibatasi oleh Random Access Memory (RAM) yang tersedia.